Posts

Showing posts from 2018

Pengalaman Tes EEG di Solo

Berkaitan dengan kejang yang dialaminya 2 tahun lalu, maka tahun ini dokter merekomendasikan agar Ken melakukan tes EEG lagi. 2 tahun lalu sudah melakukan EEG dan kali ini untuk evaluasi. Sama juga seperti dulu, tempat tes EEG di RS Muwardi, Solo. Apa sih tes EEG? EEG merupakan kependekan dari ElectroEncephaloGram yaitu tes untuk merekam aktivitas listrik di kepala. Jadi dalam tes ini, kepala akan dipasangi kabel-kabel berjumlah mungkin sekitar 20an. Karena cuma merekam, jadi nggak terasa sakit di kepala. Kabelnya cuma ditempelin saja, nggak distrum lho yaaa wkwkwk. Meskipun nggak sakit, tapi ya namanya anak kecil pasti risih kalau kepalanya dipasang-pasangin sesuatu. Jadi dulu yang tes umur 3 tahun Ken lumayan rewel dan ribet, tapi Alhamdulillah yang kemarin ini Ken kooperatif banget.
Persiapan Tes EEG
Pertama-tama yang kita lakukan adalah memberikan surat rekomendasi dokter, dalam kasus Ken ini adalah dokter anak, ke bagian EEG rumah sakit dr. Muwardi. Letaknya di lantai 2, deretan…

Bekal Cinta Untuk Apak | Nasi Merah Bakar dengan Chicken Wings So Good

Image
Setiap hari, kecuali hari Jumat, aku membekali Apak makan siang. Lha emang kenapa hari Jumat aku nggak membawakan bekal? Karena pada hari itu biasanya dapat makan siang dari masjid tempat dia sholat Jumat. Aku memang selalu menekankan bahwa membawa bekal ini penting. Berdasarkan pengalamanku dulu waktu kerja di luar rumah, inilah keutamaan membawa bekal, ceileh (((keutamaan)))... Hemat uang. Ini yang paling utama bagiku sih. Hehehe. Sekarang itu, nasi putih aja udah 3 atau 4 ribu seporsi. Padahal di rumah beras nggak beli, (thanks to mbah yang selalu memberi jatah beras hehe). Jadi pasti lebih ngirit kalau bawa bekal sendiri kan..kan..kan... ?Hemat waktu: Istirahat kerja biasanya cuma satu jam dan harus dibagi antara sholat dan makan. Kalau makannya beli kan harus keluar cari makan, iya kalau ada tempat makan yang dekat, belum lagi kalau tempat makannya ramai, harus antri-antri, jadi keburu-buru makannya. Jaminan mutu. Dengan membawa makanan olahan sendiri tentu kita bisa mengontrol b…

Rumah Juara: Revolusi Belajar Menggunakan Gadget

Image
Beberapa waktu lalu aku lumayan gemaasshh sama si thole Ken. Bagaimana tidak, dia begitu lengket dengan gadget. Mata melek pagi hari, langsung yang dicari HP. Dia yang sampai ke level nangis kalau disuruh stop. Padahal sebelum-sebelumnya, dia biasa saja main game atau lihat youtube-nya, kira-kira setengah jam, atau kalaupun diminta berhenti, palingan cemberut bentar kalau emang belum maunya berhenti. Nah ini kalau disuruh stop jadi cranky. Nangis-nangis nggak jelas. Aku pun jadi takut, jangan-jangan ini yang namanya kecanduan gadget. Akupun berusaha keras menjelaskan padanya boleh main gadget asalkan kalau waktunya berhenti, ya harus berhenti. Untunglah, akhirnya dia kembali "sadar". Masih tetap main game, namun tidak sampai terjadi drama antara aku dan dia hehe.
Sekarang ini, penggunaan gadget tak ada batasan dan mengenal waktu. Tidak dapat dipungkiri, kemudahan dan kecanggihan yang ditawarkan gadget sangat menarik perhatian anak. Mulai dari kemudahan mengakses informasi,…

Dokter THT di Karanganyar

Masalah Hidung dan Mataku

Aku memang sudah lama mengalami hidung tersumbat yang terus-terusan, tapi tidak kupedulikan karena menurutku nggak terlalu mengganggu. Tapi ketika akhir-akhir ini mataku terasa gatal, aku terusik juga, karena gatalnya sangat sangat terasa. Penginnya digaruk sekeras-kerasnya. Tapi karena mata ya nggaruknya harus hati-hati, nggak bisa sesuka hati kan. Bisa-bisa malah iritasi karena dikucek terus-terusan. Walhasil nggak puas nggaruk, jadi tersiksa banget deh.
Kubawa ke dokter umum, kata beliau bukan mataku yang bermasalah, tapi kelopaknya. Aku sendiri nggak bisa membedakan yang gatal matanya apa kelopaknya. Karena kalau gatal ya otomatis semata aku kucek. Oh ya, ini yang gatal mata dua-duanya. Karena itulah dokter bilang aku kena alergi. Mungkin juga ini ada hubungannya sama hidungku yang sering meler dan bersin-bersin, gitu katanya. Mana dokter bilang nggak bisa sembuh pula....haduu du dudu... Meski begitu, sambung beliau, alergi bisa dikendalikan dan dikurang…

Pengalaman Naik Bus Eka Ngawi - Surabaya PP

Image
Liburan sekolah kemarin sejatinya 2 minggu penuh, namun karena seminggu pertama badanku terasa kurang fit, jadi ya di rumah saja dulu, baru seminggu kemudian ke rumah mbah Ngawi. Di sana beberapa hari, lalu ada ide ke Surabaya, karena budhe Ken yang di Tangsel sekarang pindah ke Surabaya. Jadi mumpung anak-anak pada kumpul semua, sekalian main bareng ke tempat baru budhe. Seneng sih aku, karena belum pernah mengeksplore Surabaya.
Berangkat ke Surabaya

Hari Kamis pagi (rencana berangkat shubuh, tapi kenyataannya jam 6.15) berangkatlah kami bertujuh (aku momong anak berapa orang saja ini) Sengaja pilih naik bus, agar anak-anak tahu cara naik bus. Secara sepupu Ken jarang (atau mungkin malah belum pernah) naik bus antar kota. Kalau Ken sih sudah sering banget naik bus Solo - Ngawi (soalnya pilihannya ya cuma itu wkwk).
Pakdhe A mengantar kami ke rumah makan Duta, tempat bus Eka berhenti beristirahat, penumpangnya pada makan dulu. Kalau mau naik dari terminal Ngawi juga bisa sih sebenarny…

Bintang berjalan itu adalah satelit?

Image
Pernahkah teman-teman melihat bintang berjalan? Kalau di kota sepertinya agak mustahil sih lihatnya soalnya langitnya beda sama langit desa. Di kota karena banyak lampu dan polusi asap, langitnya jadi nggak jernih, sehingga bintang yang terlihat pun sangat sedikit, hanya yang berukuran besar saja.
Bintang berjalan atau kami menyebutnya satelit ini bercahaya dan berukuran layaknya bintang, tetapi berjalan dengan tenang dan dengan kecepatan konstan. Jadi beda sama meteor atau bintang jatuh lho ya. Kalau bintang jatuh kan cepet banget..mak lap dan hilang. Sementara bintang ini bisa dilihat terus sampai menjauh. Ukurannya rata-rata kecil, nggak sebesar bintang kejora.  Kalau mau mencari, harus mendelik meneliti antara bintang-bintang yang bertaburan. Kalau kebetulan bulan lagi purnama pun, bintang berjalan ini nggak bakal kelihatan, karena kalah dengan sinar bulan. Jadi kalau mau lihat, paling pas itu kalau nggak ada bulan, ketika langit gelap banget.

Dari dulu kami menyebutnya satelit, …