Bajindul si Gokil Abis | Sisi Lain Korea Selatan


Pic: pixabay

Sudah ikutan ngintipin vlog-nya Bajindul alias Parindra Sidiq Cahyono di channel youtube "gokil abis"? Saya nih kemarin seharian upleg-upleg koleksi video di youtube-nya. Kualitas videonya memang just so so, no edit sama sekali, kadang goyang, kadang nggak HDR, and so on. Akan tetapi mungkin karena background-nya Korea, dan dia konsisten nge-vlognya jadi banyak banget yang subscribe. Mas Parindra nge-vlog mayoritas memakai bahasa Jawa gaya Jawa Timuran, karena memang dia asalnya dari Kediri, bahasanya kupikir-pikir malah mirip dengan ustadz Anwar Zaid yang dari Bojonegoro itu. Bener lho, gayanya mirip. Jadi kebayang kan kocaknya wkwkwk. Selain bahasa Jawa yang sering teralun dengan nada korea dia juga memakai bahasa Indonesia, dan diselingi dengan bahasa Korea kalau sedang bercakap dengan orang Korea.

Beberapa waktu lalu, sebenernya sudah ada temen yang share link youtube nya di timeline FB. Tapi saya nggak tertarik untuk klik link tersebut. Kupikir ya vlog tentang pecinta Korea, K-POP atau wisata-wisata Korea yang udah umum, macam Gyeongbokgung Palace, Nami Island, Jeju Island dll. Tapi pagi kemarin nggak sengaja lihat di TV, mas Parindra-nya lagi diwawancarai, dan saya jadi penasaran vlog macam apa yang dibuat orang yang bahasanya medhok Jawa ini.


Begitu buka satu video, ternyata saya malah ketagihan untuk melihat video lain-lainnya dan entah sudah berapa video yang kupelototin. Saya tertarik melihatnya bukan karena viralnya, tetapi karena saya suka dengan cerita-ceritanya, tentang kehidupan dia sehari-hari di Korea Selatan. Banyak dari vlog yang dibuatnya merupakan permintaan dari orang-orang (subscriber). Saya yakin, banyak juga orang yang tidak bisa menikmati videonya si Bajindul, dengan berbagai alasannya sendiri-sendiri. Kalau saya sendiri sukanya juga terbatas pada video-video yang dibuat di Korea. Saya memang menyukai cerita-cerita remeh temeh keseharian di suatu tempat, karena jadi ikut tahu juga tradisi/keadaan di suatu tempat dan di suatu waktu. Makanya itu saya sangat menyukai novel-novel yang ditulis dengan detail-detail keseharian di suatu tempat, macam novel Sebuah Lorong di Kotaku (N.H Dini), Laskar Pelangi, A thousand splendid suns, Toto Chan, Gheisa, Ayat-ayat Cinta , begitu-begitu deh, juga acara macam Si Bolang, Jejak si Gundul, Merajut Asa.

Nah, karena video-videonya si mas Parindra itu, aku jadi tahu sisi lain Korea Selatan. Kayaknya kalau baca tulisan temen-temen blogger yang wisata ke Korea atau video-video artis itu kan tempatnya bagus-bagus, makanannya enak-enak, penuh dengan gemerlap fashion dan kosmetik-kosmetik, wanita cantik dll. Nah sebaliknya, video mas Parindra menunjukkan kesederhanaan kehidupan seorang pekerja dari Indonesia. Uniknya di sini, menjalani kehidupan di Korea, tapi bukan yang Korean lover. Jadi dia (sepertinya) nggak mudeng atau nggak ambil pusing atas nama-nama makanan Korea. Contohnya saja makan apa gitu dia bilangnya ote-ote, endog, tela, lombok, pitik godog, dll. Lha saya yang nggak pernah makan makanan orang Korea, akrab banget sama nama-nama tteobokki, kimbap wkwkw. Kebetulan juga ia tinggal di daerah rural, agak jauh dari kota, Jadi tahu deh suasananya pedesaan di Korea Selatan.

Vlog gokil abis mayoritas berisi kegiatan sehari-hari si mas Parindra, seperti ketika dia sedang bekerja di pabrik kaca, belanja ke pasar, mbenerin sepatu ke tukang sepatu, naik bus ke kota, mencari ikan di sungai kecil, beli bensin, dan masih banyak lagi. Dari situ saya jadi tahu, kalau di daerah Ansan itu banyak banget pekerja dari Indonesia dan negara lain macam Filiphina, Thailand, Nepal, dll. Bahkan nih, sampai ada perkumpulan-perkumpulannya. Dari perkumpulan mas Parindra sendiri yaitu perkumpulan orang Pare, Kediri saja terdiri dari sekitar 10 orang lebih. Belum lagi perkumpulan dari daerah-daerah lainnya. Kalau melihat video si Gokil Abis ini, sebenernya tempat-tempat yang mempekerjakan orang-orang Indonesia ini bukanlah pabrik-pabrik besar padat karya. Justru malah kayak usaha-usaha dengan dengan tenaga kerja 3-5 orang saja. Meski begitu, peralatan yang digunakan sudah modern sih, pakai mesin-mesin.

Nah, ada yang suka penasaran dengan cerita-cerita keseharian di suatu tempat di antah berantah sana seperti saya? Intip saja video-nya mas Bajindul untuk tahu satu sudut di Korea Selatan.

Comments

  1. sha juga nonton vlognya bajindul ini, bikin ketawa yang pas naik rollercoaster :D

    ReplyDelete
  2. lagi viral ya bajindul ini...
    sampe masuk TV segala

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Naik Kereta Ekonomi Brantas

Ibu Rumah Tangga Penuh Semangat di Usia Cantik

Ken Belajar Hiking di Air Terjun Srambang