Ken Seru-seruan di Dancow EXPLORE YOUR WORLD

           

"Dik Ken, jangan naik-naik nanti kalau jatuh"
"Dik Ken, jangan main itu nanti jadi kotor semua"
"Dik Ken, jangan main air, nanti kalau masuk angin"

Itulah sebagian "puisi" yang biasa didengar Ken ketika dia mulai "bergerak", baik itu dilontarkan olehku, eyangnya atau embahnya. Entahlah apa yang dipikirkan Ken menghadapi kami ini hihi, semoga saja tidak jengkel karena sering dicegah untuk berkegiatan yang disukainya. Orang tua memang suka khawatir kalau melihat anaknya banyak bergerak. Bahkan nih, Ken yang sudah bisa naik sepeda ini, eyangnya bawaannya khawatir saja. Beliau menyuruh Apak untuk memasang kembali roda bantuan yang kecil itu gara-gara melihat Ken jatuh dari sepeda. Padahal jatuhnya lebih karena Ken suka ngebut terbawa antusiasme baru bisa naik sepeda.

Lingkunganku memang masih sering melabeli anak yang banyak bergerak itu dengan sebutan "kakehan polah" atau "bocah kok aneh-aneh wae" yang kesannya negatif, padahal mereka tidak bermaksud begitu kan. Mereka memang senang bereksplorasi, mencoba berbagai hal baru dan juga untuk menyalurkan energinya.

Sebenarnya aku juga ingin dan berusaha untuk mengizinkan Ken untuk banyak bergerak, jadi tidak hanya main mobil-mobilan saja. Akan tetapi terkadang karena aku lagi dalam kondisi capek atau sibuk dengan satu hal sehingga malas untuk membersihkan sisa-sisa permainannya, maka keluarlah kata-kata larangan itu. Ditambah li lingkungan rumah yang kurang mendukung kalau harus sering-sering bikin gaduh dan berantakan.
Rupanya permasalahan itu bukan hanya aku yang merasakan, tapi banyak ibu-ibu dan orang tua lainnya. Sehingga Dancow menghadirkan acara Nestle DANCOW Explore Your World, suatu wahana edukasi untuk mendorong kepercayaan diri orang tua dan mendukung si Kecil bereksplorasi. Kegiatan yang diselenggarakan pada 9-10 September 2017 di Solo Square ini mengusung tagline "IYA BOLEH" sebagai simbol kepercayaan diri orang tua untuk melepas si Kecil membuka potensi maksimalnya. Begitu mengetahui bakal ada acara ini, aku minta izin Apak untuk ikut acara ini di hari Sabtunya (tanggal 9) berdua saja dengan Ken. Hari minggu sebenarnya Apak bisa mengantar, tapi ada acara arisan keluarga di rumah jadi nggak mungkin kan kalau kami malah kabur hehe. Alhamdulillah Apak mengizinkan, walaupun kami harus naik bus, karena tentu Apak ingin anaknya senang, karena baru lihat gambar suasana di pamflet saja sudah antusias banget, mana tega dia bikin anaknya patah hati wkwkwk.



Akhirnya hari Sabtu, sepulangnya Ken sekolah, kami berangkat. Nunggu busnya lumayan lama juga, bolak-balik Ken nanya "Mana busnya?" Hmmm rupanya dia sudah nggak sabar sangat ingin bermain-main. Sampai Solo Square sudah jam 1 siang, dan wow di luar bayanganku ternyata ramai banget. Untuk dapat tiket masuk ke acara ini dengan cara membeli produk DANCOW Advanced Excelnutri+ minimal 2, yang nantinya selain dapat tiket masuk juga dapat hadiah seperti picnic set, jaket, dll. Ketika kami jalan ke sana kemari melihat-lihat dulu dan mencari area yang agak longgar, si Kecil ini protes "Bunda ki piye tho, mlaku mrana-mrene marahi aku luwe wae (Bunda ini bagaimana sih, jalan ke sana ke sini bikin aku lapar saja)" hahaha bisa aja nih Ken, mau minta maem saja pakai menyalahkan bunda. Oke deehhh, akhirnya kita cari makan dulu di area Mall.

 Nestle Dancow EXPLORE YOUR WORLD SOLO

Habis makan dan sholat dhuzur mulailah keseruan kami. Terdapat tiga area utama yaitu Central Park yang dilengkapi dengan teknologi augmented reality, Play Park dengan aktivitas wall climbing dan mandi bola untuk si Kecil bertualang, Art Center dengan aktivitas hand painting dan mewarnai. Keseluruhan aktivitas tersebut bertujuan untuk mengasah kemampuan berbahasa, memperhatikan, mengingat, menyelesaikan masalah hingga melatih motorik si Kecil.

Ken Hujan-hujanan di CENTRAL PARK


Hujan-hujanan? IYA BOLEH

Area ini yang pertama kali dicoba Ken. Sebelum masuk perlihatkan dulu tiketnya, nanti akan distempel oleh mas/mbak penjaga sebagai tanda kalau udah pernah masuk area ini. Setiap pengunjung berkesempatan untuk masuk tiap arena satu kali saja. Kemudian Ken dipakein mantel kuning, hihi lucu deh, lanjut menjelajah di lorong yang penuh bunga dan tanaman. Di sini anak bisa belajar bersama orang tua tentang nama-nama bunga, warna bunga, membedakan bunga yang asli dan palsu, melihat video pergantian cuaca yang mana diperlihatkan dari cuaca mendung, lalu ada petir-petirnya disambung hujan. Nah pas video hujan, ada air beneran nih yang tersembur jadi kayak hujan beneran. Ken dan anak-anak lainnya suka banget momen ini, terbukti mereka antusias bergerombol menunggu "hujan" selanjutnya. Setelah video hujan muncullah pelangi yang indah dan kemudian kupu-kupu aneka warna yang beterbangan. Terdapat pula patung beberapa binatang macam kelinci dan ayam merak, beserta papan informasi tentang binatang tersebut.


Ken Tidak Berani Merosot di PLAY PARK

Sebenarnya dari awal tempat inilah yang diincar duluan oleh Ken. Tetapi karena antriannya cukup banyak maka kami memilih ke Central Park terlebih dulu. Ken memang senang sekali bermain mandi bola yang warna warni begini, apalagi sudah cukup lama dia tidak mandi bola. Setelah mengantri sebentar, begitu masuk dia langsung menceburkan diri ke kolam bola. Dia bergerak-gerak yang membuat badannya makin tenggelam nggak kelihatan, tinggal kepalanya saja. Geli aku melihatnya, bayanganku dia macam lele yang mencari persembunyian di dasar kolam hehe. Tak ketinggalan, prosotan juga dicobanya berkali-kali. Andaikan ada kolam bola buat orang gedhe ya, akuu pengiin! Kayaknya enak tuh mrosot terus nyebur di kolam bola yang dalem #mimpi.

Panjat-panjat? IYA BOLEH

Selain kolam bola, ada juga aktivitas panjat-memanjat, prosotan yang lebih agak tinggi, dan ayunan. Ken mencoba permainan itu satu persatu dan ketika tiba waktunya merosot, eh dia takut, minta dipegangi huhu. Padahal di bawah aku sudah siaga menangkapnya, tapi tetep dia nggak mau merosot. Akhirnya aku harus megangi dia dari samping prosotan. Untuk motorik kasar dia memang kurang berani, entah apa karena dulu banyak dilarang yaa.

Ken Jadi Hulk di ART CENTER


Ini cap tangan hulk-nya




Begitu masuk ke area Art Center kami bertemu dengan meja hand painting, ketika ditanya mau pilih warna apa, Ken pilih warna hijau, biar tangannya mirip hulk katanya. Sama mas petugas diolesilah telapak tangannya pakai cat hijau, lalu ditempelkan ke kertas. Jadilah lukisan tangan mungilnya. Dari lukisan tangan ini sebenarnya bisa digambar lagi jadi bentuk lainnya. Ada dua pelukis yang standby di sana melukis cap tangan tadi jadi berbagai bentuk, seperti, bisa jadi nanas, kuda, dsb. Akan tetapi karena antri dan Ken keburu ngelirik tumpukan lego yang ada di samping area hand painting ini. Jadilah kami langsung pindah ke area sebelah.
Lumayan lama kami di sini, karena Ken sibuk bener bikin-bikin, aku malah jadi bisa istirahat hehe. Main lego begini jadi sarana belajar motorik halus, merangsang kreatifitas dan konsentrasi. Apa sih yang dibuat Ken? Bisa ditebak, nggak jauh-jauh dari mobil-mobilan lah.. Apa-apa ujungnya mobil-mobilan ya Ken. Di sebelah tempat lego ini ada coloring corner, tapi Ken kurang berminat. Bisa ditebak juga ini, soalnya kalau disuruh mewarnai dia cepet bilang capek #huufft.


Selain tiga area tersebut masih ada lagi aneka kegiatan lainnya seperti, lomba mewarnai, photobooth, memerah sapi, dan konsultasi gizi. Kami hanya sempat mampir ke photobooth buat mengabadikan gaya kami setelah puas main blocks #FotoNggakPernahKetinggalan, sampai rumah nyesel karena nggak mampir di konsultasi gizi, mengingat berat badan Ken yang seret naiknya..Oh ya, hasil jepretan di photobooth ini keren lho, mana cepet pula. Selesai foto selesai juga nyetaknya. Begitu kami keluar booth, hasilnya sudah digantung di tempat display, jadi tinggal ngambil aja, wow!

Ngga sempat konsultasi gizi

Hari sudah menjelang petang, ketika kami memutuskan untuk menyudahi petualangan seru ini. Seneng rasanya melihat anak puas bereksplorasi berbagai hal. Eh ternyata acara DANCOW EXPLORE YOUR WORLD ini diselenggarakan di berbagai kota lainnya juga. Untuk tahun 2017 ini yang masih tersisa yaitu Makassar yang akan diselenggarakan pada 7-8 Oktober.

Ternyata Dancow ini ya, sangat mengerti dengan kebutuhan anak-anak balita untuk bereksplorasi, terbukti dengan menghadirkan inovasi terbaru yang keren banget yaitu "Nestle DANCOW Advanced Excelnutri+: Dukung Bunda dan Ayah Katakan "IYA BOLEH" untuk Eksplorasi si Kecil". Menurut Riza Nopalas, Senior Brand Manager DANCOW Advanced Excelnutri+ Nestle Indonesia "kami percaya ada tiga elemen yang mempengaruhi tumbuh kembang anak yaitu nutrisi, stimulasi serta cinta Bunda dan Ayah, sehingga kami harap inovasi terbaru kami yang didukung oleh Nestle Research Center ini dapat membantu si Kecil mencapai tumbuh kembangnya yang optimal dari sisi nutrisi".

Selain nutrisi, dihadirkannya Nestle Dancow Explore Your World ini juga sebagai bentuk dukungan terhadap stimulasi si Kecil untuk lebih bereksplorasi. Pada masa eksplorasi ini si Kecil harus didukung penuh oleh cinta Bunda dan Ayah. Menurut Psikolog Ratih Ibrahim, memperbolehkan si Kecil bereksplorasi merupakan salah satu wujud cinta Bunda dan Ayah. Kepercayaan diri orang tua berkata "IYA BOLEH" untuk memperbolehkan dan melepas si Kecil dengan sendirinya dapat mendorong si Kecil untuk berani dan mandiri sehingga semakin terbuka kesempatan mereka belajar hal-hal baru dan mengembangkan dirinya.

Terima kasih Dancow atas acara yang keren ini, semoga Ken bisa seru-seruan lagi tahun depan.

Comments

  1. Keeen...
    Aih senangnya yaaah...

    Boleh deh main apa aja yang Ken suka. Biar makin pinter yah.

    Seru ya acara dari dancow. Edukatif buat anak-anak

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Naik Kereta Ekonomi Brantas

Ibu Rumah Tangga Penuh Semangat di Usia Cantik

Ken Belajar Hiking di Air Terjun Srambang