Monday, January 16, 2017

Aneka Olahan Tuna Sebagai Oleh-oleh Khas Pacitan

Pacitan sekarang lagi hitzzz dengan wisata pantainya. Coba saja tengok, beragam pantai dengan keunikan masing-masing siap dieksplor. Ada Pantai Teleng, Pantai Klayar, Pantai Soge, Pantai Watukarung, Pantai Srau dan yang lain-lain. Karena memang wilayahnya di pinggir laut, jadi Pacitan dianugerahi banyak pantai cantik dan hasil laut yang melimpah.... Duh senangnya ya bisa dapat ikan laut segar dengan mudah...bisa gampang buat pempek, siomay, tekwan #mimpibangetbuatpempek . Nggak kayak kami yang di kaki gunung, ikan laut tahunya ya cuman "gerih", itupun formalinan kakaaaakkkk!

Masih ingat di kepalaku, tahun 2003 aku ke Pantai Teleng Ria pertama kalinya, ketika yang lain sibuk ciblon di air, bapak jalan-jalan mengeksplor tiap sudut pantai dan girang banget menemukan aneka ikan goreng yang irisannya besar-besar. Tahun pun berlalu, orang makin kreatif. Sekarang di Teleng Ria kita tidak cuma menjumpai orang jualan ikan goreng bersama sambal kecap (jadi kalau mau wisata ke Teleng, cukup bawa bekal nasi putih saja kita bisa makan enak di pinggir pantai), tapi juga aneka olahan ikan tuna dan udang menjadi frozen food. Mungkin untuk daerah-daerah lain, bisa juga memakai ide ini, untuk memanfaatkan hasil laut yang melimpah. Ada apa aja? Nih dia.....

  • Tahu tuna

  • Pangsit tuna
  • Nugget tuna/udang


  • Kaki naga tuna

  •  Otak-otak tuna/udang

  • Lumpia tuna

Dikemas memakai plastik tebal dan kemasannya divakum dulu, membuat produk ini tahan beberapa bulan di freezer. Makanan-makanan tersebut cukup lezat, kecuali kaki naga-nya. Entah rasanya memang begitu, atau ada kesalahan produksi khusus di satu bungkus itu, kaki naga-nya terasa kecut, waktu aku goreng pada nggak mau makan, dan juga lumpia tunanya. Lumpia tuna waktu aku buka kemasannya, kulitnya terasa rapuh, dan begitu aku goreng hancur lah itu lumpia. Entah di mana letak kesalahanku..Oh iya, sebenarnya masih ada lagi satu makanan, tapi tidak berkaitan dengan ikan, dan waktu aku foto sudah terlanjur kugoreng, yaitu risol jagung mayo... Ini dia bungkusnya hahaha, bungkusnyaa!!


    8 comments:

    1. Ouh baru tahu kalo pacitan banyak sekali makan yang terbuat dari tuna ya... sepertinya enak.. perlu dicoba...

      ReplyDelete
    2. Wahbapa ada kebocoran plastik ya mb sehingga rada kecut, btw aku pnasaran kaki naga itu apa y

      ReplyDelete
      Replies
      1. Udah kadaluarsa mungkin ya. Itu loh mbak, makanan kaya nuget disunduki..

        Delete
    3. Baru tahu kalau ada makanan kemasan di seputaran Pacitan. Lama ga ke sana.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Sekarang lagi hits mbak, sebagai oleh2 khas Pacitan

        Delete
    4. Pacitan itu yang terkenal ada fosil manusia purba pertama kan. Pitecan tropus eractus?

      ReplyDelete

    Ibu Rumah Tangga Penuh Semangat di Usia Cantik

    Umur kami terpaut cukup jauh, yakni 11 tahun, tapi entah kenapa banyak orang-orang yang keliru mengenali kami. Terutama simbah-simbah d...

    popular posts