6 Tips Memotret Makanan


food photography, jackstar, kuliner, ayam geprek
Ayam goreng  Jackstar

"Eh.... Sik...sik....Jangan dimakan, tak fotone dulu!" 

Hmmm, kira-kira teman-teman pernah gitu nggak? Makanan disajikan bukannya langsung disantap, tapi difoto dulu. Kalau aku sih iyesss. Sampai kadang tanpa diminta pun, Apak langsung nyodorin makanannya...hehe... Padahal nggak tiap makan harus difoto dulu deh Apakk!

Barangkali akhir-akhir ini bisa dibilang zamannya foto ya, di mana-mana orang berfoto, apa-apa difoto, apalagi foto HP pun banyak yang kualitasnya super yahuud, jadi foto-fotoan makin gampang banget. Ditambah lagi adanya sosmed instagram yang memang diperuntukkan untuk sharing foto. Klop sudah. Di instagram ini, berseliweran aneka foto makanan yang bagus-bagus, melihatnya saja bikin ngiler, ya kan? Pengin bisa menghasilkan foto makanan yang begitu? Nah kali ini aku mau sharing beberapa tips dalam memotret makanan, seperti yang dipaparkan oleh Rizky Irfano Aditya, seorang food photographer yang punya akun instagram @kyirfano dan blog di www.gogagaforfood.com dalam acara blogger gathering di Jackstar Resto, Solo beberapa waktu lalu.


foto makanan, kuliner, jackstar
                

1. Dedikasi

Untuk menghasilkan foto yang bagus, diperlukan dedikasi yang tinggi, artinya usaha kita harus totalitas. Tak usah malu untuk mengambil foto di sebuah tempat makan dari berbagai angle, karena makanan itu diam, jadi kitalah yang harus mencari sudut foto yang pas. Jangan ragu pula untuk menambahkan properti yang bisa mempermanis objek foto kita.

Aneka saus koleksi Jackstar,
Sausnya bikin sendiri lho


2. Close up / not close up

Untuk memberikan variasi pada foto kita bisa dengan menggunakan teknik close up atau pun not close up. Dengan teknik close up, maka detail makanan akan lebih jelas. Sementara untuk teknik not close up, sekarang ini yang lagi ngehitss adalah teknik flat lay. Dengan teknik flat lay, dalam satu frame bisa memuat banyak objek, sekaligus bisa menambahkan aneka properti yang mendukung. Dengan teknik ini, foto kita bisa terlihat trendi dan sangat cocok untuk instagram. Untuk mengambil foto dengan teknik flatlay, pastikan kamera berada tegak lurus di atas makanan, dan posisi kamera juga harus datar, jangan miring.

Aneka menu baru Jackstar 

3. Details

Baik dengan teknik close up ataupun enggak, foto kita harus fokus pada makanannya. Makanan akan terlihat sangat menggiurkan ketika kita bisa memperlihatkan details makanan tersebut. Kalau kita bisa menampakkan betapa mlekoh-nya suatu kuah, serbuk bumbu, atau butiran wijen, maka akan terlihat sangat bagus dan menggoda untuk dicicipi.

Fish and chicken poppers


4. Lighting

Dalam food photography, diperlukan pencahayaan yang optimal. Cahaya matahari adalah cahaya alami yang memberikan hasil paling oke. Namun begitu, jangan menaruh objek foto langsung di bawah sinar matahari, karena justru objek akan memantulkan cahaya (jadi putih semua). Bagusnya adalah dibawah naungan, atau di pinggir jendela.

Kalau terpaksa harus memotret di malam hari, pastikan cahayanya terang, jangan memakai lampu kuning, karena lampu kuning akan merusak warna asli makanan. Tambahkan berbagai sumber cahaya, misal senter, agar bisa dapat pencahayaan yang optimal.

Koleksi sambal yang endang gulindang
Jackstar punya


5. Colours

Dalam food photography,  paduan warna-warni objek akan mempercantik foto kita. Bahkan dengan adanya warna kontras, akan membuat foto kita malah lebih eye catching. Kalau makanan yang jadi objek kita berwarna seragam/monoton maka kita bisa menambahkan properti lain seperti daun mint, daun pandan, cabai merah, buah-buahan, atau bisa juga properti yang berupa peralatan, seperti sendok kayu, cangkir warna-warni, dsb.

Kakap goreng with ca tauge



6. Motion

Untuk memberikan nuansa gambar yang hidup dan menarik, perlu juga diberi sentuhan motion. Hal tersebut bisa diwujudkan dengan memakai trik, seperti memakai cahaya yang natural, memakai peralatan makan yang sesuai, menyertakan gambar manusia, misalnya, proses makan. Atau memenuhi frame foto dengan makanan juga memberi nuansa yang menarik. 

Chicken/snapper steak


Banyak-banyaklah mengeksplor dan mencoba berbagai angle, serta berbagai objek makanan untuk melatih skill kita. Karena banyak latihan tentu akan makin meningkatkan kemampuan dalam menghasilkan foto yang sedap dipandang.

Chicken mozarella smoke beef
With cheese sauce

Nah, bagi teman-teman yang mau mencicipi menu baru Jackstar seperti foto-foto di atas , bisa langsung cuuuzzz meluncur ke sana. Sekarang menu Jackstar bertambah lho, nggak hanya burger sama pizza, tapi juga ada favourite local taste. Apa sih  favourite local taste-nya? Ada banyak, yang istimewa ada ayam geprek sama kakap goreng. Kamu bisa nikmati bersama sambal favoritmu, di antara 5 macam sambal yang tersedia, yaitu sambal teri, sambal bawang, sambal terasi, sambak bajak, dan sambal ijo.

Karena Jackstar sekarang mengusung tema family resto, jadi tersedia banyak menu yang bisa dinikmati oleh siapa saja, baik anak maupun dewasa. Selain itu, Jackstar juga berusaha untuk menyajikan makanan sehat, seperti nasi merah, nasi goreng yang nggak digoreng (lhoh,,,,piye thoh?), jadi nasi gorengnya itu di-steam. Ada juga minuman yang disebut sassy water, yang berupa campuran ketimun, jeruk nipis dan jahe.. buat meluruhkan lemak-lemak gitu hehe. Pokoknya sekarang banyak deh pilihannya di Jackstar.

Yuuk ahh, mumpung weekend kita ke sana.

Jackstar Family Restaurant
Solo Center Point
Jalan Slamet Riyadi 371, Purwosari, Solo.

Comments

  1. Mantap mbak fotonya :D Kemarin itu fotonya keroyokan yak, pesertanya banyak dan antusias hihihihi :D

    ReplyDelete
  2. Itu fotonya cakep2 mbak nana...pake kamera apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blm punya kamera mbak hehe, pakai HP aja, As*s

      Delete
    2. iyaaa...bagus banget fotonyaa.. :)

      Delete
    3. Matur tenkyu, harus belajar lagi

      Delete
  3. Nah ini udah pinter mbak Nana :D cakep fotonya. Tajem, sukak.
    Totalitas penting dan jangan gampang nyerah, mesti praktek-belajar terus ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Ranny fotonya malah lebih nyeni lagi...memadukan properti2 nya sukaa

      Delete
  4. mbak Nana sudah praktekin ik yang dari jackstar...

    aku blm bs menghasilkan fto yg kece badai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini ya tinggal njepret aja mak, blm memadukan sama properti

      Delete
  5. Asik dpt ilmu baru. Matursuwun nggeh mbak

    ReplyDelete
  6. ini kalau boleh tahu pake kamera apa bu ratna ? Jos tenann fotograhine dapat ilmu makasih hehehhe

    ReplyDelete
  7. Hai mba Ratna, aku jadi pengen belajar food photography mba :)
    Nice info mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mbak, nyenengin og jeprat jepret itu

      Delete
  8. Mba ini pake HP bisa keren y ternyata ada tehniknya juga buat hasilin foto keren. Nice sharing mba ^^

    ReplyDelete
  9. Aku suka yang teknik ndeketin ke ukuran dimensi makanannya mb, yang objeknya kliatan jelas belakange blur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooo itu, di hp ku mode nya "depth of field"

      Delete
  10. tipsnya sangat membantu sekali, terimakasih..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Naik Kereta Ekonomi Brantas

Ibu Rumah Tangga Penuh Semangat di Usia Cantik

Ken Belajar Hiking di Air Terjun Srambang