8 Ide Permainan Seru Memakai Bahan di Dapur

Source: Mrs_Schu | pixabay.com



Meskipun sudah memiliki mainan segambreng, Ken suka bosen juga. Mainan-mainan yang dibeli biasanya dimainin sehari-dua hari lalu teronggok begitu saja, dan baru dimainkan lagi sebulan dua bulan kemudian. Huhuhu... Lalu kemudian Ken mulai merajuk-rajuk ngglendotin emaknya melulu, pertanda dia bosen, pengin mainan yang lebih menggigit,,,#alah. .Emaknya jadi harus segera berpikir keras membuatkan suatu permainan. Berikut ini beberapa permainan yang bisa dibuat memakai bahan-bahan di dapur.

1. Homemade playdough


Bahan: 
Tepung terigu 200 gr
Garam halus 1/4 bungkus
Minyak goreng 2 sdm
Pewarna makanan
Air secukupnya

Cara buatnya gampang banget, tinggal dicampur semua bahan. Ken seneng banget bagian ini, mengaduk-aduk adonan. Oh iya, masukin airnya sedikit-sedikit aja dulu, biar nggak terlalu lembek. Jika sudah jadi adonan yang lembut dan kalis, siap deh dimainkan. Bisa untuk membuat berbagai bentuk. Kalau beli itu seribu cuma dapat sedikiiiiiittt banget, tapi dengan ini bisa jadi banyak. Puas deh mainnya. Karena sudah diberi garam, adonan ini tahan hingga beberapa hari. Masukkan dalam plastik jika tidak digunakan, agar tetap lembab.







2. Mewarnai Beras


Anak-anak emang sukanya warna-warni cerah kan, makanya dalam post ini lebih mengandalkan pewarna makanan untuk membuat berbagai kreasi.


Bahan:
Beras secukupnya
Pewarna makanan
Air

Cuci beras bersih-bersih lalu rendam dalam air. Tambahkan pewarna yang diinginkan. Kemudian biarkan hingga warna meresap ke beras. Setelah beras menyerap warna, tiriskan, lalu jemur. Taraaa... Sekarang jadi punya beras cantik. Bisa dimainkan dengan memasukkan ke botol-botol atau ditempel di kertas mengikuti pola tertentu (pakai pola gambar mewarnai tapi bidang yang kosong ditempeli beras)



3. Air warna warni

Permainan ini simpel saja, air diberi aneka warna. Lalu siapkan botol-botol, gelas plastik, atau kantong plastik, anak-anak pun bakal langsung tenggelam dalam keasyikannya menuang air itu. Ken biasanya suka main jual-jualan, "Siapa mau beli jus"?! teriaknya.



4 . Menempel kulit telur

Kalau habis masak telur jangan dibuang kulitnya ya teman, kulit ini bisa buat kreasi si kecil. Sangat mudah kok! Kulit telur dibersihkan, keringkan, lalu dipenyet. Kemudian tempelkan pada pola gambar memakai lem putih. Gambarnya bisa kita buatkan, atau memakai buku mewarnai yang biasanya sudah ada pola gambarnya. Jadilah lukisan telur.

Karya Ken


5 . Mie pelangi

Biasanya di rumah selalu sedia mie kering kan? Nah sekali-sekali buatkan si kecil permainan dari bahan makanan tersebut, pasti senang sekali melihat mie dengan warna yang atraktif. Caranya mudah saja, rebus mie dan tambahkan pewarna pada air rebusan. Setelah cukup matang, tiriskan. Tunggu sampai dingin, dan mie siap dipakai untuk mainan si kecil. Buatlah dalam berbagai warna agar lebih menarik. Sayang, waktu Ken mainan dulu nggak terdokumentasi.

6. Finger print

Si kecil bisa lho melukis dengan memakai bahan di dapur. Caranya super gampang, campurkan tepung terigu dengan air dan pewarna makanan. Adonannya jangan sampai keenceran atau kekentalan ya, agar mudah mengaplikasikannya. Setelah siap tinggal cemplungin tangan ke adonan dan tempelkan pada kertas. Bisa juga memakai kuas untuk melukis atau bahan lain untuk stempelnya. Waktu itu aku pakai gabus yang dibentuk segitiga, lingkaran dan persegi sebagai stempelnya.



7. Mewarnai ampas kelapa

Kalau selesai memasak pakai santan dari kelapa fresh, biasanya ampasnya dibuang kan? Nah ampas ini bisa kita manfaatkan untuk permainan si kecil juga lho. Peras ampas sampai tiris, kemudian campurkan dengan pewarna makanan, lalu angin-anginkan. Setelah tak terlalu basah tempelkan pada pola gambar. Prinsipnya sama kayak beras dan kulit telur di atas.



8. Gelembung sabun

Biasanya anak-anak suka sekali melihat gelembung-gelembung yang beterbangan, kita bisa juga lho membuatnya sendiri. Cukup memakai sabun cuci piring cair yang biasanya selalu tersedia di rumah. Memang sih, hasilnya nggak terlalu ngeprul kayak yang beli di tukang mainan gitu. Tapi lumayanlah bisa bikin anak sibuk. Campurkan dua sendok sabun cuci piring cair dengan setengah gelas air. Aduk aduk....dan tralala.... Sudah siap. Kalau tak punya alat peniupnya, bisa memakai sedotan biasa. Pastikan si kecil sudah paham bahwa cairan tersebut bukan untuk diminum ya!




Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Naik Kereta Ekonomi Brantas

Ken Belajar Hiking di Air Terjun Srambang

Mengunjungi Keraton Solo : Ken Ribet Sendiri