Resep Aneka Bothok

          Bothok merupakan satu menu makanan khas Jawa yang terbuat dari campuran berbagai bahan yang dibungkus daun pisang. Kuncinya di daun pisang ini, karena bothok itu harus dibungkus daun pisang dan dikukus. Meskipun bahan-bahan tersebut, dengan komposisi yang sama, bisa dimasak dengan cara direbus, tapi namanya sudah lain lagi, yaitu oblok-oblok. Oblok-oblok dan bothok meski mempunyai bahan dan bumbu yang sama, tetapi bercita rasa cukup berbeda, karena perbedaan cara memasaknya tersebut. Bothok akan terasa lebih sedap, karena ada campuran bau harum daun pisang.

Bothok dikukus

       Dalam masyarakat sekitarku di kalangan bawah, bothok menjadi menu andalan. Karena bothok itu nglawuhi, yaitu meski hanya dengan bothok saja, sudah bisa jadi lauk, dengan rasa yang komplit, pedes, asin, gurih. Jadi tidak perlu lauk yang aneka rupa. Bahan yang sedikit, kalau dibuat bothok bisa rata buat seluruh keluarga. Misal, punya udang satu bungkus. Kalau digoreng, paling cuma cukup buat lauk sarapan 2 orang. Nah, tapi kalau dibuat bothok, bisa jadi berbungkus-bungkus, cukup buat makan sekeluarga sampai sore. Kok bisa? Yaiyalah, bothok kan dicampur dengan bahan aneka rupa, jadi bisa banyak hasilnya hahaha. Meskipun dalam satu bungkus, udangnya cuma dapat 2 apa 3, tapi aromanya sudah merata dalam satu bungkusan hihi. Karena alasan nglawuhi itulah, maka kami biasa membuat berbagai macam bothok, berdasarkan apa yang dipunya. Punya tempe, dibothok. Punya jamur, dibothok.
        Meskipun bahannya beraneka macam, namun pada dasarnya bumbunya sama. Jadi teman-teman yang hendak membuat kreasi bothok, mudah saja. Dengan satu bumbu, semua bisa dibothok xixi.

Bumbu dasar bothok:

  • Garam
  • Gula
  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Ketumbar
  • Kencur
  • Cabai (diiris)
  • Kelapa parut (kelapa pilih yang tidak terlalu tua)
Garam, gula, bawang merah, bawang putih, ketumbar dan kencur dihaluskan, lalu campur dengan cabai iris, kelapa parut dan bahan yang hendak dibothok. Tambahkan air hingga nyemek-nyemek lalu bungkus dengan daun pisang. Terakhir, kukus hingga matang. Nah memakai bumbu di atas, kita bisa membuat bothok sesuai kreasi kita. Berikut ini contoh beberapa bahan yang biasa dibothok.
  • Bothok lamtara
Lamtara
Tempe
Teri
Daun bawang
  • Bothok cokak (tekokak)
Tekokak
Teri
Tempe
Daun so

  • Bothok jamur
Jamur tiram, bisa juga memakai jamur kuping/jamur kayu/jamur merang
Tempe
Daun bawang
  • Bothok ayam
Ayam, bisa juga memakai ati ampela/udang/wader/lele
Tomat
Daun bawang


Untuk ati ampela, udang, dan wader sebaiknya digoreng dulu setengah matang agar baunya tidak amis. Sementara lele selain bisa juga digoreng dulu, akan tetapi lebih enak kalau dibakar, aromanya uummm....sedap sekali.

  • Bothok daun singkong
Daun singkong (direbus dulu hingga empuk)
Tempe
Teri
  • Bothok tempe
Tempe
Teri
Daun so
Daun bawang

  • Bothok tawon
Rumah tawon madu (bisa juga untuk bothok laron/enthung)
Daun bawang
Tempe

Tips: Untuk mendapatkan rasa asin yang pas, ketika membumbui garam, asinnya harus sedikit melebihi rata-rata. Karena kalau pas mentahnya dicicipi rasanya pas, nanti begitu matang jadi kurang asin. 

Selamat mencoba!


Comments

  1. Banyak juga ya mbaa macem botoknya, aku kayaknya suka yang ayam sama tempe hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orang daerahku favoritnya bothok mbak, jadi semuanya jadi bothok hehe.

      Delete
  2. makasih resepnya mba, jadi botok juga macam2 yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, banyak bahan buat jadi bothok

      Delete
  3. wah, aku kalo bikin botok mah segala macam barang di kulkas masukin aja, kadang botok telur sama sosis, kadang tahu, tapi paling suka botok kerang sih.
    aku kadang masukin potongan keju ke botok hahaha aku sama kakakku suka sih, tapi ibuku nggak doyan.

    btw aku follow blognya ya mbak. :D
    *iya ini kode*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya, bothok telur... Dulu sering bikin juga. Walah, kalau keju ngga kebayang aku mbak. Hehe ok ok, aku tahu kodenya kok hihi

      Delete
  4. Wahhh pas buka post ini pas punya jamur dan daun bawang.. Pengen nyoba jadinya...
    Sudah aku folback ya mba blog nya..
    Salam kenal dr banjarmasin

    ReplyDelete
  5. Ini favoritku sekali mb
    Uuuhaaaa palagi yg pedeus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku jugaaa, bothok pedessss. Tp sayang, skrg lagi punya gangguan lambung, mengurangi yg pedas2 dulu

      Delete
    2. Botok tawon ibuku pernah bikin tp serem hihi
      Botok sama dengan pelas ga mb

      Delete
    3. Aku juga geli2 gimana gitu, bapak ibukku yg suka

      Delete
    4. Oh iya, kalau pelas tu bothok yang bahannya kacang2an mbak. Kacang kedele, kcg tolo, gude, jagung,

      Delete
  6. Aku suka bothok tapi biasanya beli. Banyak yang jual soalnya, hehehe.
    Kapan-kapan tak masak sendiri. Nyontek resepnya ya Mba, makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enakan beli mbak Ety....ribetnya ngga ketulungan klo mbotok sendiri hihi

      Delete
  7. Ibuku juga suka banget bikin bothok mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mbak Manda pasti gak suka bikinnya? Hehe

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Naik Kereta Ekonomi Brantas

Ibu Rumah Tangga Penuh Semangat di Usia Cantik

Ken Belajar Hiking di Air Terjun Srambang