6 Kekuatan Untuk Menghadapi Masalah (Menurut Ust. Yusuf Mansur)

       Sejak mengalami serangan asam lambung sekitar 3 bulan lalu, hingga kini aku belum fit 100℅. Masih terasa efek-efeknya, meskipun tidak tiap hari muncul. Badan terasa kurang segar, dan beberapa kali mengalami kecemasan. Kalau telat makan, tubuh langsung protes, jadi keringat dingin, kepala kliyengan, dan terasa lemas. Parahnya kalau tubuh begitu, kecemasanku muncul. Pikiran-pikiran negatif datang, cemas terhadap hal-hal yang belum tentu terjadi, merasa tidak berdaya, takut sesuatu dan segala perasaan apalah apalah yang bikin kepala tambah ngliyeng. Kalau sudah begitu, yah apa boleh buat...seharian golar goler aja nungguin semuanya sirna.

     Seperti pagi kemarin, aku bangun dengan biasa. Habis sholat shubuh ke dapur buat ngurusin segala tetek bengek perdapuran. Selesai jam tujuh, badan kok mulai terasa ngga beres. Terus inget tadi perut belum kecemplungan apa-apa, haduh. Tapi terlanjur, kepalaku terasa nggliyeng, dada berdebar, kaki terasa dingin, perut malah terasa mual jadi males makan. Dan yang nggak kusukai itu malah datang, perasaan cemas...huufft. Kucoba untuk mengalihkan perhatianku dengan membuka gadget, tapi malah nggak fokus. Mau ikut bermain dengan anak, tetapi kepalaku nggliyeng. Kupanggil suami yang sibuk di kebun dan mencoba mencurahkan isi hati. Kecemasanku perlahan mulai hilang, dan kucoba untuk belanja ke pak sayur yang lewat meski kepala masih terasa pusing. Jadi yah seharian ini aku cuma gulang guling sambil nemenin anak main.



     Ketika anak tidur siang, ndelalah tab-ku lowbat. Celingak-celinguk, mau ikut tidur ngga bisa. Mataku tertuju ke rak buku di dekat tempat tidur. Kuambil sebuah buku tulisan Ust Yusuf Mansur, yang sudah kupunyai cukup lama sebenarnya, tapi tak tuntas-tuntas bacanya hehe. Buku itu berjudul "Mencari Tuhan yang Hilang". Aku membaca dengan random, dan sampailah pada halaman 143. Kok kayaknya bisa pas banget dengan keadaanku ya. Terima kasih ya Ustadz sudah sharing ilmunya jadi buku yang bisa aku contek untuk diterapkan. Semoga pahala selalu mengalir kepada beliau.  Kekuatan untuk Menghadapi Masalah itu adalah:
  • Gunakan kekuatan iman. Keajaiban dan kuasa Allah, hanya berlaku buat mereka yang percaya akan adanya keajaiban dan kuasa Allah itu sendiri. Iman yang perlu ditumbuhkan pada saat sedang bermasalah adalah iman bahwa Allah maha mengampuni semua dosa dan kesalahan, iman bahwa Allah maha melihat, iman bahwa Allah selalu bersedia membantu, dan iman bahwa Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.
  • Gunakan kekuatan keyakinan dan kepercayaan diri. Tumbuhkan kepercayaan diri dan keyakinan yang tinggi, supaya aura positif mengalir hangat ke seluruh tubuh dan mempengaruhi pola pikir dan gerak. Hasilnya, lebih segar dan lebih bertenaga.
  • Gunakan kekuatan pemikiran positif. Kembangkan selalu kepositifan dalam berpikir. Jangan pernah berpikir yang jelek-jelek. Sebab kalau ia dibiarkan tumbuh dan berkembang, ia akan menjajah badan dan pikiran kita.
  • Gunakan kekuatan perubahan. Untuk mendapatkan pertolongan Allah, niatkan untuk segera berubah, dan segeralah mengubah diri. Sebab tanpa memulai kita akan jalan di tempat, tanpa mengubah apapun.
  • Gunakan kekuatan sedekah. Sedekah memiliki keutamaan membersihkan diri dari kotoran hati. Kalau kita bersih, rahmat Allah akan mudah datang menghampiri.
  • Gunakan kekuatan doa dan kepasrahan. Apalah kita, Manusia, dengan segala keterbatasan kita, kalau kita tiada mau berdoa dan tiada mau memasrahkan kepada Allah, Sang Maha.
Itulah poin-poin penting yang coba aku terapkan untuk bersahabat dengan gangguan kesehatan yang aku alami. Bila ingin membaca lebih lanjut, silahkan cari bukunya di toko buku hehe. 
      

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Naik Kereta Ekonomi Brantas

Ken Belajar Hiking di Air Terjun Srambang

Mengunjungi Keraton Solo : Ken Ribet Sendiri