Balada Kulkas Satu Pintu

          Kalau mau beli kulkas, teman-teman pilih mana? Pilih kulkas satu pintu atau dua pintu? Kalau belum bisa memutuskan, simak ceritaku tentang kulkas satu pintu ini. Seharian tadi berkutat bersihin kulkas. Karena lumayan lama tidak dibersihin, bunga es-nya sudah macam gunung di Antartika sana. Hehe jadi ketahuan deh malesnya. Yah lumayan ribet juga membersihkan bunga es yang ada di freezer tuh, apalagi pakai cara manual. Dari mulai matiin kulkas sampai selesai perlu setengah hari lebih. Senenarnya aku sudah bete level akut dengan bunga es ini. Sangat merepotkan dan tidak praktis. Apalagi munculnya itu cepet banget. Seminggu saja sudah mulai terlihat. Lalu makin lama makin tebal. Jadinya ruang penyimpanan makin sempit, bahan-bahan makanan yang tersimpan sulit diambil karena terbalut es dan yang bikin tambah bete kalau daun pintu freezer jadi patah karena seseorang memaksa membuka padahal terganjal bunga es (belum ketahuan oknumnya, tahu-tahu aja udah ada bekas lem nggedibel).

       Sebenernya dulu sebelum kutinggal ke Ngawi, aku sudah wanti- wanti suami, karena waktu itu kulkas lama (satu pintu juga, dan daun pintu freezer juga patah) sudah menunjukkan gejala mau minta pensiun. Aku berpesan kalau nanti bapak ibu mau beli kulkas, tolong kasih pandangan untuk beli kulkas dua pintu merek "dua huruf" yang kaya di Ngawi itu saja, karena itu sudah teruji. Freezernya sangat besar plus tidak ada bunga es, kalau mau bersihin freezer karena ada noda tertinggal, cukup dilap pakai lap basah, BERES. Dan 2,5 bulan berikutnya, datang ke sini sudah ada kulkas baru. Jauuuuuhh dari harapanku (ini kebangetan ya, beliin juga kagak, ada kulkas baru malah bawel sendiri hahahaha).
     Pengalaman dengan 4 macam kulkas, membuat aku memberi nilai 50 kurang sama kulkas satu pintu merek mirip sinetron ini. Memang sih kulkas satu pintu cenderungnya selalu menghasilkan bunga es. Membersihkannya sungguh rempong bagiku. Tetapi yang ini sungguh kebangetannnnn!!!! Tidak ada tombol "defrost", dan tidak ada saluran pembuangan. Jadi ya, itu air lelehan dari bunga es tumpah ruah ke rak-rak bawahnya lalu membanjir ke lantai sekeliling kulkas. Sudah kuusahakan untuk menampung dengan memakai rak wadah daging yang pas di bawah freezer, tetapi apes, wadahnya yang sisi sebelah dalam tingginya cuma sesenti, luber-luber deh. Lalu kucoba bawahnya kutadahin lagi pakai rak wadah sayur. Akan tetapi masih tetap tercecer-cecer. Lebih sial lagi, bawah kulkas masih memakai dudukan sterefoam bawaan pabrik dan kardus setinggi kira-kira 5 cm. Udah deh, air pada ngumpul ke situ. Mbedodok ya embuh lah. Wis anyel tenan aku
      Dan yang jadi korban kegundahanku siapa lagi kalau bukan suami...hehe, rentetan omelan menerjang bagai badai gurun pasir yang bikin kuping panas. Ampuuuunnn Ayy!  #lebay. Karena kalau bunga es banyak, aku tidak bisa bikinin kesukaan anakku yang kayak ginian:



    Terakhir, buat temen-temen yang mau beli kulkas, kalau ada uang lebih baik beli yang dua pintu aja deh, atau kalau belum ada uang cukup, tahan sebentar, nabung sampe cukup beli kulkas dua pintu (maksa) hahaha. #cuma_saran_bukan_hendak_ikut_campur_urusan_orang_lain.

Comments

  1. alhamdulillah udah 2 pintu. waktu masih 1 pintu rajiiin banget bersihin bunga es trus gara2 kulkas kebanjiran dan rusak akhirnya suami beli yg 2 pintu saat ada rejeki

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukur deh mbak Kania udah beli yang 2 pintu, yg satu pintu bener2 ga praktis kan?

      Delete
  2. Jadi, lebih enak yang dua pintu ya, Mbak. Di rumah saya masih yang satu pintu, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya mas, enak yg 2 pintu. Tapi yang satu pintu tergantung merk jg mungkin..yang ini parah, tak ada saluran pembuangan.

      Delete
  3. bener Mbak, yg 2 pintu lebih hemat tenaga menurutku. Dulu, pas masih punya yg 1 pintu harus srg2 dicairin dan dibersihin biar ga jadi karang. Dan itu lumayan makan waktu. Skrg Alhamdulillah pake 2 pintu ga usah repot2 dicairin. Yg penting bagian bawah rutin dibersihin aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Vhoy, ditambah lagi pintunya patah ini, jd kurang dingin freezernya.

      Delete
  4. Mbak, makasih sharingnya ya...aku lg bingung juga nih beli kulkas yang 1 pintu atau 2 pintu.pengalaman pakai 1 pintu ya gitu, rak bawahnya kebocoran dari freezer. Salam kenal mbak ratna...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak pakai 2 pintu mbak, engga perlu mikirin bungs es..hehe. Salam kenal juga ;)

      Delete
  5. Aku juga pilih yg 2 pintu. Eh tapi, mamaku pake 1 pintu, udah dari zaman sebelum aku lahir. Berarti usia si kulkas mamah 26 tahun tapi masih awet sampe sekarang walau penampakannya udah sangat mengenaskan *__*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuuuaa awet men mami ubii, 26 tahun. Merk apa itu?

      Delete
  6. jadi pengen ganti kulkas *ups
    punya saya masih yg saya pintu. ada yang mau beli? *hiyaaa..malah ngelapak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Satu pintu kalau baik2 saja ngga pa pa mba Arin. Ini udah patah duluan sih pintunya ...

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Naik Kereta Ekonomi Brantas

Ibu Rumah Tangga Penuh Semangat di Usia Cantik

Ken Belajar Hiking di Air Terjun Srambang