Saturday, December 31, 2016

Bluder Cokro, Oleh-oleh dari Madiun



Beberapa hari yang lalu, Mbak Siti yang sedang dalam kereta menuju Jakarta mengirim pesan di group WA. "Apa sih bluder itu, kok khas Madiun, tapi aku belum pernah tahu?" katanya sambil mengirim foto orang di kereta menenteng suatu barang bertuliskan bluder. Budhe D sama Lik Y bersahutan menjawab tentang bluder. Aku hanya menyimak saja, karena aku juga baru denger kali ini tentang "bluder".

Thursday, December 29, 2016

Kolam Renang Taji, Magetan

Kolam renang Taji, begitulah keponakanku menyebutnya. Berkali-kali ia bercerita ingin mengajak Ken dan yang lain-lainnya buat renang bersama di sana. Kebetulan liburan ini sepupu-sepupu Ken bisa berkumpul di rumah Mbah Jogorogo. Jadi di suatu siang yang terik rombongan Ken berangkat ke sana. Karena  sudah jam 2-an kami perkirakan tempatnya sudah sepi. Ternyata benar.

Saturday, December 24, 2016

Menikmati Solo di Barelo

"Solo itu kecil ya, tapi komplit"
Teringat ucapan seorang kawan, ketika kami sama-sama baru menginjakkan kaki di Solo untuk menuntut ilmu. Oh my! Ternyata percakapan itu sudah 14 tahun berlalu. Dan jika ia melihat Solo yang makin aduhai sekarang, apa komentarnya ya hehe, karena sekarang banyak banget mall, hotel, dan tempat-tempat nongkrong yang asyik, yang unik, yang instagramable, dan yang yang lainnya. Salah satunya ya ini, Barelo.

Monday, December 19, 2016

Jackstar Resto and Cafe sing Ngawe-awe



Cerita bermula di Senin pagi yang damai, bukan Senin ini tapi, sudah yang lalu. Seperti biasa, setelah sarapan Ken wajib minum obatnya. Tapi oh ternyata obat tinggal dikit, satu dosis aja nggak sampai. Ini jelas kesalahanku yang nggak memperhatikan obat tinggal seberapa. Botolnya sih .… warnanya gelap #carialasan. Mana copy resep sudah habis, jadi nggak bisa beli langsung di apotek. Kucoba kontak dokternya Ken, salah satu dokter spesialis syaraf anak di Solo, dr Fadhila, pagi itu stand by di RS Muwardi apa nggak, ternyata tidak. Beliau lagi ada acara di Lor in. Pilihan satu-satunya ya harus ketemu di RS Kasih Ibu, siang harinya. Langsung terbayang di benakku antrian panjang rumah sakit.! Antri lama sama anak kecil itu kadang nggak mudah sama sekali. Jadi Apak bela-belain ijin ngga masuk kerja hihi....

Thursday, December 15, 2016

Ken Belajar Hiking di Air Terjun Srambang

Entah aku itu kalau lihat gunung rasanya senenggg banget. Alam terlihat artistik, hawa sejuk, ayem ngono rasane. Jadi waktu main ke rumah saudara di daerah Brubuh, aku ajak Apak bablas ke selatan, menuju area lereng Gunung Lawu. Menikmati indahnya bentang alam yang berbukit-bukit hijau, ahh sungguh relaxing.


Saturday, December 3, 2016

6 Tips Memotret Makanan


food photography, jackstar, kuliner, ayam geprek
Ayam goreng  Jackstar

"Eh.... Sik...sik....Jangan dimakan, tak fotone dulu!" 

Hmmm, kira-kira teman-teman pernah gitu nggak? Makanan disajikan bukannya langsung disantap, tapi difoto dulu. Kalau aku sih iyesss. Sampai kadang tanpa diminta pun, Apak langsung nyodorin makanannya...hehe... Padahal nggak tiap makan harus difoto dulu deh Apakk!

Wednesday, November 23, 2016

Ibu Rumah Tangga Penuh Semangat di Usia Cantik


Umur kami terpaut cukup jauh, yakni 11 tahun, tapi entah kenapa banyak orang-orang yang keliru mengenali kami. Terutama simbah-simbah di kampung halaman sana dan orang-orang di sekitarnya yang baru melihat aku. Kalau aku berkunjung ke rumahnya, pasti ada tetangganya atau pengunjung tokonya yang menyapaku dengan gaya seolah-olah aku kenal mereka. Setelah aku cuma membalas dengan senyum saja, baru mereka tersadar. Padahal wajah kami miripnya cuma sedikit saja, dan perawakan ini juga jauh berbeda, aku super langsing dan ia cukup besar. Mbak Siti, begitulah aku memanggil kakakku nomor dua ini. Sebagai seorang kakak menurutku ia memberi banyak inspirasi.  Ya, meskipun sekarang sudah memasuki usia cantik, yaitu 43 tahun, namun energi dan semangatnya laksana anak muda.

Wednesday, November 16, 2016

Refreshing Murah Meriah ala Ken

Sebagai ibu rumah tangga tulen, nggak nyambi bekerja yang sehari-hari ngurusin anak dan pekerjaan rumah, jenuuh itu pasti. Alhasil kalau hari Minggu jadi kayak ayam di pagi hari, berkokok-kokok minta keluar kandang wkwkwk. Nah aku menerapkan prinsipnya mbak Donna Imelda nih, travelling itu nggak harus mahal, yang penting bisa ganti suasana dan melihat dunia luar. Tuuhh, remeh aja kan sebenarnya buat bikin Emak Ken itu senang..hoho.

Saturday, November 5, 2016

Ken Beraksi di Tebing Breksi



Suatu sore di penghujung bulan Agustus, sepasang suami istri termangu-mangu di sebuah pertigaan jalan. Di atasnya terpampang papan petunjuk  "Tebing Breksi 2,5 km"

Suami: Ayo, piye?
Istri.   : Lha piye kok?
Suami: Lha pengin nggak ke sana?
Istri.  : Ehmm...tempat apa sih?
Suami: Ya nggak tahu, makane ayo lihat!
Istri. : Tapi wis sore gini.
Suami: Yo wis, nggak usah kalau gitu (nadane rada mangkel)
Istri. : Tapi.........

Sunday, October 30, 2016

Kaya Apa Sih Flu Singapura Itu?

Pic: pixabay

Beberapa waktu lalu, setelah bangun tidur siang badan Ken terasa anget, Waduuh...apa mau demam ini? Ternyata bener, makin malam badannya terasa makin panas. Langsung saja kukasih paracetamol, paginya alhamdulillah panas dah turun dan main seperti biasa. Malem datang lagi, kali ini masalah ganti mendatangi telapak kakinya. Dia mengeluh gatal-gatal. Aku tak berpikir jauh, mengira gatal ini adalah sisa dari Ngawi.

Friday, October 28, 2016

Ken Meneropong Jakarta

Bun.…itu kantornya Lik Yun!!


Ini cerita jalan-jalan Ken waktu pertama ke Jakarta . Alhamdulillah, dia enjoy di perjalanan dan betah nginep di rumah budhenya. Terus selama seminggu di sana, jalan-jalan terus no problemo, nggak rewel atau apa. Rewel dikit ya wajarlah, seperti ketika dia males jalan terus minta gendong, gitu-gitu aja sih rewelnya.

Sunday, October 23, 2016

Bright Advisor untuk Indonesia #lebihbaik


Sun life Financial Indonesia memperkenalkan Bright Advisor, portal online yang mudah dan cepat dalam mengakses informasi seputar asuransi jiwa, kesehatan, pendidikan, perencanaan keuangan, dan investasi. Bright Advisor diciptakan untuk dapat memberikan informasi dan menjawab pertanyaan dengan cermat serta dalam bahasa yang mudah dimengerti. Dalam memanfaatkan Bright Advisor, pengunjung tidak akan dikenakan biaya, ataupun harus menjadi nasabah Sun Life terlebih dahulu. Bright Advisor dapat diakses melalui http://www.brightadvisor.co.id/

Monday, October 17, 2016

Jenis Kulit Wajah dan Ciri-cirinya


Pic: pixabay.com

Temen-temen tahu nggak kalau makan pedas-pedas bisa jadi pemicu tumbuhnya jerawat? Coba diinget-inget, hobi makan pedas nggak, terus jerawatan ngga? Konon, orang yang hobi makan pedas cenderung wajahnya berjerawat. Hmmm, tuh kan, makanya jangan terlalu sering makan pedas (nyari temen, soalnya sekarang aku nggak bisa makan pedes karena gangguan lambung, padahal dulunya pedes is my life hahaha). Pola makan berpengaruh lho sama kesehatan kulit wajah kita, selain juga hal berikut:

Monday, September 19, 2016

Kreativitas Tetap Terasah di Pondok Pesantren


Malam minggu kemarin saya cukup senang bisa menyaksikan salah satu gelaran seni dari santri Gontor Putri 1 Mantingan, Ngawi. Acara ini merupakan salah satu rangkaian peringatan 90 tahun Gontor, dan 25 tahun Gontor Putri. Meskipun sempat diguyur hujan sebentar, acara berjalan meriah. Dihadiri oleh ribuan santri, alumni dan wali santri, pergelaran ini cukup memukau dan mencerahkan saya, yang mana tidak pernah mondok, bahwa ternyata di pondok ada ajang kreatifitas macam begini.


Sunday, September 18, 2016

8 Ide Permainan Seru Memakai Bahan di Dapur

Source: Mrs_Schu | pixabay.com



Meskipun sudah memiliki mainan segambreng, Ken suka bosen juga. Mainan-mainan yang dibeli biasanya dimainin sehari-dua hari lalu teronggok begitu saja, dan baru dimainkan lagi sebulan dua bulan kemudian. Huhuhu... Lalu kemudian Ken mulai merajuk-rajuk ngglendotin emaknya melulu, pertanda dia bosen, pengin mainan yang lebih menggigit,,,#alah. .Emaknya jadi harus segera berpikir keras membuatkan suatu permainan. Berikut ini beberapa permainan yang bisa dibuat memakai bahan-bahan di dapur.

Monday, July 25, 2016

Hari Pertama ke Sekolah

Sumber: pixabay.com

Yeeaayyy, akhirnya hari yang ditunggu datang juga, yang berarti Ken mulai kegiatan playgroup nya. Bangun tidur jam 6.30, dibilangin ayo bangun, nanti ke sekolah, eh masih males-malesan, ngrengak-ngrengik. Oh, iya ternyata jatah ngedotnya belum. Memang sih, mau tidur sama bangun tidur, masih ketergantungan sama ngedot susu. Abis ngedot, udah ceria. Diajak mandi juga semangat. Apalagi pakai seragam, dia kelihatan bangga gitu. Memang sudah lama dia ngiri sama sepupunya yang sudah sekolah, dia selalu bilang "aku suk mben sekolahku aduuoooh". Penginnya dia sekolah yang jauh dari rumah, jadi pulang pergi bisa naik motor...haha. Eh ternyata sekolahnya deket pake banget, gpp ya le, ngirit bensin…

Wednesday, July 20, 2016

Ken Mau Masuk Playgroup



Setelah beberapa waktu bimbang antara mau nyekolahin atau nggak, akhirnya kuputuskan untuk mencoba memasukkan Ken ke Playgroup. Apa motivasinya?

Tuesday, July 19, 2016

Bersenang-senang di Kolam Renang



Hari Minggu kemarin merupakan hari terakhir liburan sekolah, keponakan masih pada ngumpul, meski satu sudah balik ke kota. Karena nggak ada acara, biar anak-anak seneng sebelum kembali ke rutinitas belajar, apalagi ada yang mau masuk pondok, aku usulkan untuk pergi berenang. Tentu saja mereka menyambut dengan antusias, termasuk Ken.

Friday, July 15, 2016

Cara Berhenti Layanan Penyedot Pulsa IM3


Sumber:www.pixabay.com
Sambil nemenin Ken tidur siang beberapa hari lalu, aku tengok hp, ada sms masuk, bunyinya:

Kalo pengen pindah kerjaan,jangan kamu lakuin dulu sebelum dapetin pekerjaan baru.Biar lambat asalkan selamat.
STOP:UNREG TAROT 99359 CS:*123*44*4#

Lho,,,lho...apa ini kok tiba-tiba ada notifikasi cara stop suatu layanan, apa berarti aku sudah terdaftar? Buru-buru aku cek pulsa, nah bener kan, pulsaku berkurang 2200 rupiah. Bagaimana ceritanya ya kok bisa aku terdaftar layanan ini? Perasaan hp nya aja jarang aku sentuh.

Mau ketik UNREG kok malah takut, akhirnya aku pilih nyoba call ke nomor *123*44#, karena aku merasa *123# itu memang nomer layanan IM3 buat cek pulsa dsb. Di situ tertera layanan yang terdaftar di nomor kita, dan ada pilihan untuk menghentikan suatu layanan atau langsung menghentikan semua layanan. Aku pilih langsung menghentikan semua, karena ternyata nomorku terdaftar di dua layanan, yaitu Hoki dan Tarot #apaansiiihhh.

Friday, July 1, 2016

Sisi Lain Medsos: Perang Komentar

Sumber: www.pixabay.com
Dahulu, orang mendapatkan berita dan informasi dari media cetak, TV dan radio, iya kan? Nah ketika membaca koran, mendengar radio, dan melihat TV itu kita tidak bisa memberi feedback atas informasi yang kita dapat. Jadi kalau sebel atau tidak setuju sama beritanya ya cuma ngomel sendiri, paling mentog ya jadi ngedumel ke suami (itu aku), atau jadi bahan jagongan sama tetangga. Kalau yang orang-orang pinter mah bisa menanggapinya dengan menulis artikel tandingan, tapi kan peluang dimuatnya di koran ya sedikit sekali.

Thursday, June 23, 2016

Seberapa Hebat Kesabaran Nabi Muhammad?


Suatu waktu ada seorang ibu sedang menunaikan sholat, sementara anaknya yang masih balita ikut juga di sampingnya. Pertama balita ini mengikuti gerakan ibunya, tapi tak lama kemudian dia sudah bermain-main sendiri. Ketika rukuk, si anak tiba-tiba bergelantungan di leher ibunya. Agar melepaskan pegangan karena hendak berdiri, si ibu mencolek tangan si anak dengan agak kasar. Pun ketika sujud, si anak naik ke punggung ibunya dengan menghadap belakang. Si ibu bergerak sedikit saja, si anak bisa terjerembab. Si ibu sudah tak konsen, si anak ditariknya agar turun. Eh malahan turun sambil narik mukena ibunya. Si ibu akhirnya bisa duduk dengan mukena amburadul, dan rona muka yang cukup kesal. Siapa sih si ibu itu?? Ya jelas aku dong hahahaha..... Aku suka kesel kalau digituin anakku pas sholat. Ken mencoba naik punggung atau menarik mukenaku, sementara aku berusaha menepis/menghindar. So exaushted!

Saturday, June 11, 2016

Masjid Menjadi Titik Pusat Pesantren


Para santri selesai menunaikan sholat Ashar
Para santri putra MBS Yogyakarta selesai melakukan sholat berjamaah di masjid Pesantren. Masjid berada di lantai 2, sementara lantai bawah untuk ruang kantor/ruang administrasi pesantren. Masjid terlihat cukup sederhana, meski begitu berfungsi sangat baik untuk menampung santri sholat berjamaah dan kegiatan lainnya. Saya bisa sampai di pesantren ini karena ikut mengantar keponakan dari Tangerang yang survei sekolah baru. Pesantren terletak di daerah Sleman, berada di area sawah dan dikelilingi bukit-bukit hijau. Sangat kondusif untuk belajar.





Monday, June 6, 2016

Biznet Branch Solo: Bukan Bisnis Warnet Lho!

Pernah dengar tentang Biznet? Apakah namanya menggiring teman-teman ke anggapan bahwa Biznet itu sebuah bisnis warnet? Ahaa, untunglah saya sudah mengenal nama Biznet sejak tahun 2009. Jadi saya tidak berpikiran begitu. Sudah tahu lama banget, emang bekas pegawainya? Hehe bukan..bukan. Dulu itu saya pernah punya kenalan yang kerja di Biznet Jakarta, katanya Biznet itu perusahaan telekomunikasi dan multimedia. Ya, begitu saja sih tahunya, nggak ngeh juga sama lini usahanya secara detail. Nah, setelah menghadiri acara syukuran ulang tahun Biznet Solo yang ke-1 inilah, saya jadi tahu lebih banyak tentang Biznet, dan ternyata Biznet sudah sampai di Solo.

Wednesday, June 1, 2016

Balada Naik Commuter Line Rawa Buntu - Depok PP

Buat warga Jabodetabek, naik commuter line atau KRL tentu sudah tidak asing lagi. Karena moda transportasi satu ini sekarang cukup menjadi favorit masyarakat. Di samping bebas macet, juga murah meriah, dan armada tersedia cukup banyak, sehingga jarak antara kereta satu dengan yang lainnya berdekatan, kira-kira hanya 10 menitan. Andai punya jempol 10, saya pengin mengacungkan semua ke PT KAI, karena berkat kerja kerasnya, commuter line sekarang bisa diandalkan. Bayangkan saja, dari yang penumpang gelap berjubel hingga naik-naik ke atap, sekarang jadi begitu tertibnya bertiket, tentu usaha PT KAI tak semudah membalikkan telapak tangan. Nah, sekarang saya mau cerita tentang drama naik KRL kami, warga Timur-Tengah ini (Jawa Timur dan Jawa Tengah).

Saturday, May 28, 2016

Terseret ke Dalam Riuh Rendah Dunia Blogging

      Nge-blog sekarang menjadi kegiatan yang semakin diminati, karena nge-blog bebas dilakukan oleh semua orang, laki perempuan, ibu rumah tangga hingga selebriti, tua muda. Saya jadi teringat pada awal ngeblog saya mengikuti blogger cilik bernama Evita Nuh. Waktu itu dia berumur 9 tahun dan sudah punya blog dengan tema fashion. Saya terkagum-kagum karena dia menulis memakai bahasa Inggris, dan foto-fotonya sangat bagus. Sekarang umurnya sudah belasan, namun sayang karena kesibukannya, dia jadi jarang update blognya.

Tuesday, May 17, 2016

Resep Aneka Bothok

          Bothok merupakan satu menu makanan khas Jawa yang terbuat dari campuran berbagai bahan yang dibungkus daun pisang. Kuncinya di daun pisang ini, karena bothok itu harus dibungkus daun pisang dan dikukus. Meskipun bahan-bahan tersebut, dengan komposisi yang sama, bisa dimasak dengan cara direbus, tapi namanya sudah lain lagi, yaitu oblok-oblok. Oblok-oblok dan bothok meski mempunyai bahan dan bumbu yang sama, tetapi bercita rasa cukup berbeda, karena perbedaan cara memasaknya tersebut. Bothok akan terasa lebih sedap, karena ada campuran bau harum daun pisang.

Bothok dikukus

Monday, May 9, 2016

Menjelajahi TMII Tak Cukup Sehari



           "Apaaaa?? Ke TMII lagiiii?? Aku sudah 3x ke sana. Tidak ikut ngga apa-apa deh" Itulah reaksiku waktu mengetahui rencana keluarga ketika kami berkunjung ke Jakarta beberapa waktu yang lalu. Sebenarnya bukan aku nggak suka main ke TMII, tetapi jauh-jauh hari aku sudah berencana untuk meet up sama Ambar dan Ita yang bermukim di Jakarta di hari itu. Sudah bertahun-tahun kami tak ketemu. Giliran hari H, masak aku begitu saja membatalkan. Rencananya kami bakal ketemuan di AEON mall BSD hari Minggu tanggal 3 April 2016. Kupaparkan lagi tentang rencanaku itu, tetapi tidak menemui titik terang juga. Menyingkronkan jadwal dengan saudara-saudara yang lainnya memang nggak mudah, apalagi mereka cuma stay 2 hari. Ya sudah, akhirnya aku yang memang berniat tinggal seminggu, yang akhirnya ngalah. "OK, besok ke TMII dan langsung bablas nginep di Bogor", kataku sendu sambil nge-WA Ita dan Ambar untuk mengabarkan pembatalan ketemuan.

Miniatur pulau di Indonesia yang legendaris itu

Monday, May 2, 2016

My Boy Turns 3

       Tanggal 30 April kemaren Ken genap berusia 3 tahun.  Dari kecil ulang tahunku tak pernah dirayakan, jadinya kebawa juga ke anakku sekarang. Aku tak pernah merayakan ulang tahun anakku..Ulang tahun ya biasa aja. Paling berdoa saja untuk kebaikannya, meskipun tiap hari juga mendoakannya. Apalagi kondisinya dari hari Selasa nge-drop, panas, batuk, pilek, bawaannya rewel. Jadi kami lebih disibukkan dengan menenangkannya, membujuknya minum obat, menggendong, mencoba menyuapi, dsb, jadi ulang tahun bukan jadi prioritas kami.

Monday, April 18, 2016

6 Kekuatan Untuk Menghadapi Masalah (Menurut Ust. Yusuf Mansur)

       Sejak mengalami serangan asam lambung sekitar 3 bulan lalu, hingga kini aku belum fit 100℅. Masih terasa efek-efeknya, meskipun tidak tiap hari muncul. Badan terasa kurang segar, dan beberapa kali mengalami kecemasan. Kalau telat makan, tubuh langsung protes, jadi keringat dingin, kepala kliyengan, dan terasa lemas. Parahnya kalau tubuh begitu, kecemasanku muncul. Pikiran-pikiran negatif datang, cemas terhadap hal-hal yang belum tentu terjadi, merasa tidak berdaya, takut sesuatu dan segala perasaan apalah apalah yang bikin kepala tambah ngliyeng. Kalau sudah begitu, yah apa boleh buat...seharian golar goler aja nungguin semuanya sirna.

Saturday, April 16, 2016

Pengalaman Naik Kereta Ekonomi Brantas

          "Naik kereta api tut...tut...tut...siapa hendak turut?" Suara Ken membahana di dalam kereta. Beberapa orang menengok mengamati polah tingkahnya. Yaaayyy, akhirnya kesampaian juga ya naik kereta. Iya ini pengalaman pertama Ken naik kereta api. Ceritanya dulu waktu aku dan Ken sakit hampir berbarengan, suami berujar "Ntar kalau dah sembuh, kita jalan-jalan naik kereta ke tempat Mas Glagah di Jakarta", nah kebetulan ini bulikku yang di Jakarta mantu, jadi ya sekalianlah, mumpung ada momennya.
            Sebenarnya agak surprised juga Ken mau naik ke dalam kereta tanpa cranky. Biasanya dia suka kereta kalau dari jauh saja. 3 bulan yang lalu kuajak liat kereta di bawah palang pintu malah nangis-nangis, minta menjauh. Semakin bertambah umur kayaknya dia memang lebih berani. Balik lagi ke kereta, kali ini kami memilih naik kereta yang paling sesuai dengan dompet kami, apalagi kalau bukan kereta ekonomi hahaha.

Wednesday, March 30, 2016

Oleh-oleh dari Pacitan

         Sekarang ini Pacitan cukup terkenal yah, karena selain ada mantan presiden yang kelahiran sana, juga karena wisata alamnya yang cukup moncer. Objek wisata alam Pacitan meliputi pantai dan gua. Sebenarnya Pacitan itu masuk satu eks-karesidenan dengan Ngawi, tetapi jauhnya ampun-ampun deh dari tempatku, harus melewati kabupaten Magetan dan Ponorogo dulu. Itu saja dari Ponorogo medannya cukup menantang, berupa bukit-bukit yang terbentang berpuluh-puluh kilometer, rumah-rumahnya sangat jarang, jalannya mengikuti sisi-sisi bukit, meliuk-liuk, naik-turun, beberapa kali ke sana selalu bikin anggota rombongan ada yang mabok.
      Kebetulan bapak mertua juga punya rekan dari Pacitan, setiap berkunjung ke rumah selalu bawa oleh-oleh. Apa saja sih oleh-oleh dari kota yang berjulukan kota seribu gua ini?
  • Sale pisang
Sebetulnya sale pisang sudah banyak ditemukan di toko oleh-oleh atau di swalayan. Namun sale pisang Pacitan ini unik sekali bungkusnya. Digulung jadi bulatan dan dibungkus daun pisang, lalu digandeng-gandeng jadi sebuah untaian. Pertama aku melihat di gerai penjual oleh-oleh, jadi heran lihatnya, ini sebangsa makanan apa, pating kruwel  seperti keong sawah. Setelah ditanyakan pada penjualnya ternyata itu adalah sale pisang. Selain itu ada juga yang dibungkus pakai kertas warna-warni, bagus sekali dilihatnya, tapi makannya susaaahhhh haha. Membuka bungkusnya nggak bisa secepat memakan benda sebesar kelereng itu.

Sale pisang dibentuk seperti anggur


Membuka bungkusnya perlu perjuangan

  • Kembang gula kelapa
Pacitan banyak tanaman kelapanya, jadi tak heran makanan manis berbahan kelapa ini jadi salah satu oleh-oleh yang khas. Makanan ini manis banget dan gurih. Tapi sayang kemarin kembang gulanya berasa alot, entah karena mlempem ataukah karena memakai kelapa tua. Padahal aku seneng banget, rasanya gurih kelapa gitu. Tapi aku tak kurang akal, akhirnya kugorenglah itu kembang gula. Jadi renyah deh.., meski warnanya jadi kecoklatan haha

Kembang gula kelapa


  • Tahu dan risoles tuna
Kalau di Ungaran terkenal dengan tahu baksonya, maka Pacitan pun sekarang punya ide unik memanfaatkan hasil kekayaan lautnya. Ikan tuna diolah menjadi isian risoles dan tahu. Mendung-mendung gini nyemil tahu tuna pakai cabai rawit, duuhh pasti enak banget #bayangin. Selain itu ada juga olahan tuna yang lain, yaitu nugget, bakso dan otak-otak.

  • Ikan, cumi dan udang goreng
Di sekitar pantai Teleng Ria, banyak sekali penjual ikan, cumi dan udang goreng. Pedagang telah melengkapinya dengan sambal kecap juga. Jadi kalau mau wisata di sini, kita tinggal bawa bekal nasi putih saja udah bisa makan enak. Makan di pinggir pantai ditemani suara deburan ombak, oh sedapnya. Ikan goreng nya pun bermacam-macam, tetapi sesuai musimnya juga kayaknya. Yang selalu ada biasanya yaitu tengiri dan tuna, sama ikan kecil-kecil.

  • Nasi tiwul dan tempe benguk
Sebenarnya makanan ini ada juga di daerah lain, di daerahku juga ada. Tetapi orang Pacitan kreatif, nguri-nguri makanan tradisional tersebut dan disuguhkan kepada wisatawan. Akhirnya malah terkenal deh. Sementara di daerahku makanan itu makin tenggelam. Hampir tak ada lagi yang menanam benguk. Nasi tiwul masih banyak yang mengonsumsinya, tetapi tidak digaungkan. Di tempat makan sekitar pantai Teleng Ria, selain menyediakan nasi putih, juga menyediakan nasi tiwul. Sementara itu, tempe benguk aku dulu menjumpainya di kawasan Gua Gong.


Monday, March 14, 2016

Balada Kulkas Satu Pintu

          Kalau mau beli kulkas, teman-teman pilih mana? Pilih kulkas satu pintu atau dua pintu? Kalau belum bisa memutuskan, simak ceritaku tentang kulkas satu pintu ini. Seharian tadi berkutat bersihin kulkas. Karena lumayan lama tidak dibersihin, bunga es-nya sudah macam gunung di Antartika sana. Hehe jadi ketahuan deh malesnya. Yah lumayan ribet juga membersihkan bunga es yang ada di freezer tuh, apalagi pakai cara manual. Dari mulai matiin kulkas sampai selesai perlu setengah hari lebih. Senenarnya aku sudah bete level akut dengan bunga es ini. Sangat merepotkan dan tidak praktis. Apalagi munculnya itu cepet banget. Seminggu saja sudah mulai terlihat. Lalu makin lama makin tebal. Jadinya ruang penyimpanan makin sempit, bahan-bahan makanan yang tersimpan sulit diambil karena terbalut es dan yang bikin tambah bete kalau daun pintu freezer jadi patah karena seseorang memaksa membuka padahal terganjal bunga es (belum ketahuan oknumnya, tahu-tahu aja udah ada bekas lem nggedibel).

Saturday, March 5, 2016

Cara Mengurangi Penggunaan Plastik

Jauuuuuhhhh sebelum ada program pemerintah tentang diet kantong plastik, ada seorang kisanak tak dikenal khalayak yang sok gaya-gaya gitu pengin ngurangin kantong plastik. Dia ini sering menolak kantong plastik yang hendak diberikan kasir, pak sayur, atau mbok bakul di pasar. "Sering" lho ya, bukan berarti "selalu", karena kadang ada situasi kepepet, seperti barangnya banyak, sementara tasnya sudah ngga muat. Atau mungkin juga karena barangnya nggak mungkin ditekem pakai tangan gitu. Lalu apa sih sebenernya motivasi si kisanak melakukan hal itu. Apa mau sok gaya ngikut2 aktivis go green? Mari kita tanyakan.

Monday, February 22, 2016

Jatah Beras untuk Lik Suratun

         

        Kami biasa memanggil wanita setengah baya itu lik (singkatan dari "bulik" = bibi) Suratun. Penampilannya rapi dan bersih meski baju yang dipakai seadanya saja. Orang yang baru ngelihat tak akan menyangka kalau dia mengalami gangguan jiwa, karena memang tak begitu nampak dari segi fisiknya. Eh, nampak sedikit ding, karena beliaunya sering memakai baju seragam sekolah. Mungkin saja baju-baju itu pemberian orang, jadi beliau tinggal memakai seadanya saja.

Thursday, February 11, 2016

Dialog Absurd dengan Balita


  • Ga Suka ke China
Ken lagi nonton youtube, dan yang ditontonnya adalah anak kecil yang lagi mainan di arena permainan anak.
Ken: Bun, iki ning ndi? (Tanyanya sambil nunjuk video)
Bunda: Ning China, jawabku (soalnya anaknya sipit2 berwajah china gitu)
Ken: Dik Ken ga seneng ning China, bun!
Bunda: Lha senenge ning ndi?
Ken: Ning Luwes.
Bunda : (ngakak)

Note: Dia emang sering ke area permainan anak di toserba Luwes.

Wednesday, January 13, 2016

Mempercantik Sandal yang Kusam

            Aku ini orangnya kurang suka pakai high heels, karena rasanya kurang nyaman gitu di kaki. Kaki tidak menapak langsung, tapi harus jinjit-jinjit gitu. Makanya dalam bahasa Jawa, sandal high heels disebut sandal jinjit..hehehe. Tapi yaa.....untuk alasan kekinian, saya ada juga dua sandal jinjit ini. Dannn ternyata sandal-sandal ini jarang sekali aku pakai. Entahlah udah genap lima kali belum saya memakainya, padahal belinya udah 4 tahun yang lalu hahaha. Lalu baru-baru ini sandal itu aku keluarkan dari peraduannya karena mau aku pakai untuk acara pernikahan kakakku 2 minggu lagi. Namun yang terjadi adalah, permukaan atas sandal pada mengelupas....ya entah karena sudah terlalu lama, atau aku nya yang keliru dalam menyimpannya.

Friday, January 1, 2016

Mengisi Liburan Anak

         Liburan sekolah kali ini keponakanku, mas GF, yang tinggal di Tangerang dikirim ke dusun. Selain untuk mengobati kangen mbah, juga untuk melatih kemandiriannya. Karena rencananya selepas SD ini, dia bakal dimasukin ke pondok pesantren. Ken mah seneng banget ada temen buat main, tetapi kadang mas GF enggak telaten juga momong dik Ken haha. Selain Mas GF, keponakan lain yang rumahnya cuma beda kecamatan juga ikut gabung. Lengkaplah sudah chaos nya. Ada anak-anak kecil di rumah, dan menginginkan mereka tidak main gadget? Emaknya ini dituntut kreatif dan rela ber-apa saja...menemani bermain, rumah berantakan, dapur acak-acakan #tarik-nafas-dalam2-dan-hembuskan. Keponakanku ini semuanya seusia SD, jadi sudah lumayan mandiri dan bisa diminta melakukan berbagai hal. Maka untuk mengisi liburan anak kali ini, kami melakukan berbagai kegiatan yang murah meriah, seperti:

Ibu Rumah Tangga Penuh Semangat di Usia Cantik

Umur kami terpaut cukup jauh, yakni 11 tahun, tapi entah kenapa banyak orang-orang yang keliru mengenali kami. Terutama simbah-simbah d...

popular posts