Aneka Es Lilin dan Es Loli

    Musim penghujan sudah datang ya, tapi kalau siang masih suka panas banget karena hujan baru datang pada waktu sore. Nah akhirnya aku suka bikin es loli atau es lilin deh buat makanan selingan Ken. Mengingat dia itu suka banget es krim, tapi kalau sering-sering beli ya emaknya kerepotan juga gitu, (kerepotan leh njereng-njereng duit) maka aku coba-coba bikin es krim sendiri namun endingnya adalah Es Lilin teman-teman hahaha.
Es lilin adalah alternatif yang paling pas deh, karena tak harus teksturnya lembut, dan makannya mudah pula buat Ken, tidak belepotan. Berikut ini beberapa resep yang mudah banget bikinnya dan membuat Ken tiap saat ngotong-ngotong dingklik buat menjangkau isi freezer.
  1. Es Loli Nutrijel
Bahan :
- Agar-Agar nutrijel rasa buah
- Gula
- Air

Cara:
Masak agar-agar seperti instruksi yang ada dalam kemasan. Kemudian ketika sudah tak terlalu panas masukkan ke dalam cetakan es loli. Tunggu sampai dingin. Lalu masukkan ke dalam freezer. Ketika sudah beku maka jadilah es loli yang rasanya mirip sama es krim paddle pop. Waktu itu aku buat pake nutrijel rasa anggur.

Es loli jeli

2.  Es Lilin Aneka rasa

Pertamanya hendak membuat es krim homemade seperti resep yang kudapat dari internet juga. Akan tetapi resep kumodifikasi dan aku nuang bahannya ga pake ukuran, jadi asal tuang saja #emakmales. Nah ternyata setelah beku, teksturnya tidak bagus, kurang lembut sehingga susah dikeruk #mewek. Setengah males, adonan kubiarkan saja di meja hingga setengah cair. Ketika melihatnya lagi, aku pikir ini adonan bisa dimasukin ke plastik es lilin deh. Dan akhirnya dieksekusi deh....voila, jadilah es lilin coklat ini.



Es Coklat
Kalau ini adalah es lilin buah, buatnya super duper gampang. Tinggal buat jus buah, lalu bungkusin pake plastik es lilin. Jadi deh. Semakin kental jus nya maka makin empuk es-nya.

Es Alpukat


Es Mangga


Comments

  1. di tempat kami es lilin itudi sebut es kantung Mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooo es kantung ... Hihi karena pake kantong plastik ya mak

      Delete
  2. enaknyaaa...*netes-netes-netes* jadi terinspirasi nih :)

    ReplyDelete
  3. Wah gampang banget yaaa...tapi anak2 kalau dibikinkan es gini mah 2 hari lesap! Hahaha!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Naik Kereta Ekonomi Brantas

Ken Belajar Hiking di Air Terjun Srambang

Mengunjungi Keraton Solo : Ken Ribet Sendiri