Batitaku 27 Bulan

Di umurnya yang ke 27 bulan ini, perkembangan yang paling nampak adalah bahasanya. Dia sudah makin bisa berkomunikasi dua arah. Jadi sudah bisa diajak ngobrol, meski yaaa, kadang ga nyambung, xixixi. Contoh bisa diajak ngomong adalah:
Suatu kali habis berenang dia makan permen mil**kuat, #lhoh.., tiba-tiba saja permennya jatuh, lalu kutanyai.
Ken: ( nyolek aku dan ngasih lihat permennya yang jatuh)
Bunda: "Lho permen e kok isa ceblok ki dik Ken ngingeti apa?"
Ken : Ngingeti wong-wong kae lho, (kebetulan emang sore itu kolam renangnya ramai, banyak orang berlalu lalang).


* Komunikasi makin mudah
  •  bercerita apa yang dialaminya, contohnya ketika habis diajak ke Jurug lihat hewan-hewan, nanti siapa aja bakal diceritain "ndik mben ae pas ning njurug enek harimau tutul. Bunda wedi, bapak ga wedi. Terus enek baya, ula, uda nil, terus umbas mimik,
  • mengkomunikasikan keinginan, "bunda, dik ken moh mandi", "bund, dik ken umuk, kipas e dialakne", "maem es kim, bund"
  • Meminta ijin, "ki kek ene ya, bund", "mainane diawa ya bund?", 
  • menyebut berbagai benda, "anggota tubuh, alat transportasi, nama orang, dan benda-benda di sekitar".
  • menggunakan kata sifat, "panas, dingin, anget, wareg, cilik, gedhe, adoh, duwur, pedes, ga enak,"
* Bye-Bye diapers
Karena sudah bisa mengkomunikasikan keinginannya, maka dia sudah bisa bilang hendak pipis atau pup. Selain itu kemampuannya untuk mengontrol kapan itu pipis harus dikeluarkan juga makin bertambah. Seumpama dia bilang mau pipis, dia sudah bisa menahan hingga sampai kamar mandi. Jadi ngompol di celana udah sangat-sangat berkurang. Kadang masih kebocoran juga sih ketika emaknya ini slow respon padahal dia udah kebelet banget. Udah kucoba beberapa kali bepergian engga pakai diapers, dan alhamdulillah berhasil. Kapan itu habis lebaran, main ke Pantai Indrayanti pergi pagi pulang malam, lulus tanpa diapers. Nah agar tak mengompol, kalau ada kesempatan ke kamar mandi, misal ketika berhenti di pom bensin, selalu diajakin buat pipis. 

* Tidur peluk emaknya dulu
Sampai sekarang, ketika hendak tidur masih harus ditemenin alias dikelonin. Nah, ritual baru ketika hendak tidur yaitu memeluk leherku. Aku kemudian juga memeluknya atau kadang menepuk-nepuk pantat, atau mengusap-usap punggungnya. Ughh..sweet banget deh rasanya dipeluk sama si tole.

* Tumbuh gigi ke 17 dan 18
Setelah lama banget vakum ga ada gigi yang tumbuh, akhirnya tumbuh juga 2 gigi. Kini giliran dua gigi geraham bawah, kanan dan kiri menampakkan bentuknya. Pertama tau justru waktu menunggui dia pup. Selama ini kalau pup di closet memang aku pegangi, jadi aku jongkok memegangi dia di depannya. Lalu waktu aku melihat ke dalam mulutnya, gusinya memutih ada gigi yang hendak muncul,,dalam beberapa hari kemudian, gigi itu sudah muncul beneran..uhuu senangnya, mengunyahnya bakal lebih sempurna deh. Maka sekarang memelihara kebersihan giginya menjadi hal yang penting banget. Daaan, itu juga bukan perkara mudah juga, karena sekarang sering menolak kalau aku sikatin, maunya nyikat sendiri. Terus kalau kebangun malam juga masih mimik susu pakai dot. Selain itu permen juga sering dilahapnya. Pe eR banget deh perkara gigi ini. Meskipun gigi susunya ini ntar bakal berganti, tapi menjaga agar tetap bagus adalah wajib. Karena katanya berpengaruh juga pada perkembangan gigi yang baru nanti. Tapii niih, yang masih bikin aku bertanya-tanya adalah, berapakah jumlah gigi susu yang akan berganti? 8 kah? 20 kah? Aku sendiri lupa berapa gigiku yang tanggal waktu kecil. Beberapa sumber menyatakan bahwa semua gigi susu bakal berganti. Sementara adikku bilang hanya gigi depan saja yang akan tanggal dan berganti. Kalau ini benar berarti geraham ini bakalan permanen, tentu saja kebersihannya harus dijaga, karena kalau rusak ga bisa tumbuh gigi yang baru lagi. 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Naik Kereta Ekonomi Brantas

Ken Belajar Hiking di Air Terjun Srambang

Mengunjungi Keraton Solo : Ken Ribet Sendiri