Persyaratan Pendaftaran Ponpes Gontor

PENDAFTARAN KULLIYATUL MU'ALLIMIN/MU'ALLIMAT AL-ISLAMIYAH (KMI)

  • Syarat-syarat Pendaftaran
  1. Menyerahkan 2 lembar fotokopi STTB atau SKL yang telah dilegalisir
  2. Surat keterangan sehat dari dokter di Balai Kesehatan Santri dan Masyarakat (BKSM) Pondok Modern Darussalam Gontor.
  3. Menyerahkan pasfoto berukuran 4x6 (4 lembar) dan 3x4 (2 lembar) untuk putra; sedangkan untuk putri pasfoto berjilbab putih, berlatar belakang biru, 4x6 (2 lembar) dan 3x4 (8 lembar).
  4. Memenuhi ketentuan-ketentuan atau iuran-iuran yang telah ditetapkan pada waktu pendaftaran.
  5. Menyerahkan 1 lembar fotokopi akta kelahiran untuk putra, sedangkan untuk putri 3 lembar fotokopi akta kelahiran.
  6. Menyerahkan 1 lembar fotokopi KTP walisantri/yang mewakilinya (khusus putra)
  7. Menyerahkan 1 lembar fotokopi kartu keluarga (khusus putri)
  8. Mendaftarkan diri sesuai dengan cara dan waktu yang telah ditentukan
NB: Hal-hal yang kurang jelas dapat ditanyakan saat mendaftar di kantor KMI atau Panitia Ujian Masuk KMI

  • Syarat-syarat Penerimaan
  1. Berijazah SD atau MI atau yang sederajat untuk masuk kelas biasa dengan masa belajar 6 tahun; dan berijazah SLTP atau MTs atau yang sederajat untuk masuk kelas intensif dengan masa belajar 4 tshun.
  2. Mempunyai dasar agama, yakni: dapat mengerjakan ibadah sehari-hari dengan baik, dapat membaca al-Quran dengan baik, dan dapat membaca dan menulis Arab dengan lancar.
  3. Lulus dalam ujian masuk dan psycotest
  4. Sanggup bertempat tinggal di asrama yang telah disediakan.

  • Waktu dan Cara Pendaftaran
Pendaftaran calon pelajar (capel) Pondok Modern Darussalam Gontor dilaksanakan pada:
  1. Untuk putra: Tanggal 23-27 Ramadhan 1436 dan 3-10 Syawwal 1436 bertempat di Pondok Modern Darussalam Gontor Pusat, Mlarak, Ponorogo.
  2. Untuk putri: Tanggal 23-27 Ramadhan 1436 dan 3-14 Syawwal 1436 bertempat di Pondok Modern Gontor Putri 2, Sambirejo, Mantingan, Ngawi.       
  • Waktu Ujian Masuk KMI
  1. Ujian lisan; UNTUK PUTRA tanggal 23-27 Ramadhan 1436 dan 3-10 Syawwal, sedangkan UNTUK PUTRI tanggal 23-27 Ramadhan 1436 dan 3-14 Syawwal 1436.
  2. Ujian tulis; UNTUK PUTRA tanggal 11 Syawwal 1436, sedangkan UNTUK PUTRI tanggal 15 Syawwal 1436.
Pendaftaran capel Pondok Modern Darussalam Gontor diadakan secara langsung di kampus (tidak bisa dilaksanakan melalui korespondensi, telepon, atau internet)


  • Materi Ujian Masuk KMI
  1. Ujian masuk KMI meliputi ujian syafahi (ujian lisan) dan ujian tahriri (ujian tulis). Materi ujian syafahi meliputi psycotest, membaca al-Quran, Tajwid, dan praktik ibadah (ibadah qauliyah dan ibadah 'amaliyah); sedangkan materi ujian tahriri mencakup imla' (dikte tulisan arab), Bahasa Indonesia, berhitung soal dan angka (matematika dasar setra kelas 6 SD).
  2. Tidak ada perbedaan antara materi ujian yang diujikan kepada calon pelajar lulusan SD (sederajat) dengan calon pelajar yang berasal dari lulusan SLTP (sederajat).

NB: Dalam pelaksanaan ujian masuk KMI tidak diadakan ujian susulan (waktu pelaksanaan ujian bisa berubah sewaktu-waktu).


  • Program Ujian Lanjutan dan Ujian Penempatan Kelas
* Bagi calon pelajar yang telah lulus Ujian Masuk KMI diberi kesempatan untuk mengikuti Program Ujian Lanjutan, yaitu ujian akselerasi ke kelas yang lebih tinggi jika memenuhi syarat-syarat tertentu, di antaranya memiliki kemampuan dengan bekal keilmuan yang cukup untuk duduk di kelas yang lebih tinggi dari kelas 1 KMI.

* Secara khusus, bagi calon pelajar putra dari kelas intensif yang telah lulkus ujian masuk KMI akan mengikuti Ujian Penempatan Kelas (Placement Test) setelah terdaftar sebagai siswa KMI Pondok Modern Darussalam Gontor. Adapun materi yang akan diujikan pada ujian ini meliputi Matematika, Fisika, dan Bahasa Inggris.


sumber: kalender dari Ponpes Darussalam Gontor tahun 2015

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Naik Kereta Ekonomi Brantas

Ken Belajar Hiking di Air Terjun Srambang

Mengunjungi Keraton Solo : Ken Ribet Sendiri