Singkong Goreng Super Sedap

Singkong goreng
Januari .... hawa nya sejuuukkk ... karena hujan sehari-hari.... terus kalau hujan enaknya ngapain? Ya kalau aku sukanya duduk di teras ngeliat hujan ditemani teh panas sama gorengan. Biar kata gorengan kurang baik buat kesehatan, tapi rasanya berat untuk meninggalkan. Nah salah satu gorengan yang sedap ... sedap ...sedap itu ya ini, singkong goreng kress. Sebenarnya aku buat ini  udah agak lama, tapi baru sempat cerita sekarang. Waktu itu ibu mertua beli singkong di pak sayur. Pertamanya mau aku buat kolak, tetapi kok kayaknya ntar yang makan aku sendiri. Kebanyakan pada suka gorengan. Ya sudah mau aku bikin blanggreng saja. Tapi blanggreng yang kubuat biasanya agak keras, karena singkong dikukus. Lalu tiba-tiba aku ingat resep kentang goreng ala frenchfries yang biasa kubuat. Jadi kuterapkan saja resep frenchfries buat singkong. Mangga teman-teman yang mau coba, gampiiiiilllll banget nget, dan hasilnya juaraaa! Renyah di luar dan lembut di dalam. Asal tahu ya, bumer (ibu mertua) sampai hampir menghabiskan sepiring singkong sendiri :) dan kemudian tiga hari berturut-turut minta dibuatin lagi... lagi ...dan lagiiiiiii ...

Bahan:
  • Singkong
  • Garam
  • Margarin
  • Tepung terigu 
Cara:
  • Kupas singkong, potong-potong dan belah jadi beberapa bagian lalu cuci bersih.
  • Didihkan air, masukkan garam dan margarin. Karena aku masaknya tidak memakai ukuran tertentu jadi teman-teman bisa mengira sendiri. Jumlah air tergantung singkongnya, pokoknya singkong terendam semua dalam air. Untuk air 1 liter, kira-kira garamnya setengah sendok makan dan margarin 1 sdm.
  • Masukkan singkong dan rebus hingga matang sedikit mblodor. Duh ... bahasa Indonesianya apa ya? Maksudnya tuh, level di atasnya matang ... singkongnya jadi lunak merekah-rekah.
  • Jika sudah mulai mblodor, angkat dan tiriskan.
  • Taburi singkong panas dengan tepung terigu hingga merata. Biarkan sejenak sampai agak dingin.
  • Goreng hingga keemasan, lalu sajikan hangat-hangat.

Comments

  1. Kayaknya asik ya mak...dan satu lagi penelitian di australia ternyata ketela mampu menyembuhkan beberapa jenis penyakit kanker...kami sekeluarga seminggu sekali berburu ketela untuk di buat camilan keluarga... :) salam dari jogja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. waahh benarkah mak? makin jadi favorit dah ni makanan haha ...

      Delete
  2. iya bener mak..tempo hari saya baca berita itu...

    ReplyDelete
  3. wah ini cara baru mengolah singkong...ntar coba ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak Kania, kapan2 dicoba. gurih lho. gampang pula. eh itu motong2nya ntar jgn terlalu gede, biar bumbu meresap sampe dalam

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Naik Kereta Ekonomi Brantas

Ibu Rumah Tangga Penuh Semangat di Usia Cantik

Ken Belajar Hiking di Air Terjun Srambang