Antara Kreatif, Ngirit dan Belajar Jahit

      Kata "kreatif" dan "ngirit" sebenarnya mempunyai makna yang sangat berbeda. Namun pada praktiknya mempunyai keterkaitan yang cukup erat. Kreatif bisa membuat ngirit, dan ngirit bisa memunculkan perilaku kreatif... hmm jargon yang aneh ya :D
    Nah bagi kondisi aku pribadi, sepertinya yang cocok adalah "ngirit memaksa kita jadi kreatif". Jadi kreatifnya itu karena terpaksa, bukan bakat haha... ya maklum, jaman sekarang kan apa-apa mahal, di samping itu sumber daya alam kita ini kan makin terbatas ... so, pengiritan means penghematan sumber daya hoho. Eh tapi emang bener lho, sekarang ini kita mikirnya harus jauh ke depan. Kalau kita ngirit itu bukan semata-mata untuk diri kita sendiri, tapi juga untuk alam raya tercinta ini. Contohnya saja; irit dalam pemakaian kertas berarti makin sedikit pohon yang ditebang, irit listrik berarti makin sedikit bahan bakar yang dipakai, dll.
    Nah kebetulan aku lagi belajar jahit juga, jadi kreatif dan ngiritnya sangat terwadahi. Karena apa? Karena apa-apa bisa bikin sendiri lho hihi. Berikut ini beberapa barang yang berhasil aku buat demi memuaskan hasrat kreatirit (kreatif nan irit) ku.
  • Bedcover simple
Kebetulan nih aku nemu kain perca yang lumayan lebar, dan terciptalah bedcover sederhana ini. Tiga kain digabungin jadi satu, lalu dalamnya diisi lembaran busa tipis. Tra ... la ... la .. jadi deh, lumayan bisa untuk ekstra selimut atau matras buat Ken klesotan di lantai. Sebenarnya awalnya mau coba bikin baju untuk Ken, tapi karena jahitnya lagi tahap belajar, jadi enakan jahit yang lurus-lurus dulu aja, lagian tanpa harus bikin pola kan.


  • Jampel

Aku tidak tahu ya bahasa Indonesia nya apa, kalau di daerahku disebut "jampel" yaitu alat penahan panas kalau kita lagi ngangkat-ngangkat perkakas dapur, semisal panci atau wajan. Nah ini project favoritku untuk belajar jahit, habisnya gampil banget, dan kebetulan di rumah banyak sekali kain perca. Kain tinggal dipotong kotak, jahit, dalamnya kasih busa, that's it.


  • Wadah serbaguna
 Wadah gantung ini paduan dari kain perca dan bekas perlak si bocil Ken. Perlaknya udah sobek sana sini, mau dibuang kok ya menuh-menuhin tempat sampah plus pasti nanti terurainya lama banget...(pecinta lingkungan wannabe) Walhasil jadilah benda ajaib ini. Lumayan buat naruh-naruh mainan atau apalah.

  •  Bunga untuk aplikasi
Penambahan aplikasi merupakan salah satu cara untuk mempercantik tampilan benda. Salah satunya dengan menambahkan aplikasi bunga dari kain perca. Mudah bingitts bikinnya, dan hasilnya pun saya suka. Perhatikan penampakan gambar berikut. Take a closer look pada bunganya, itulah hasil kreatirit ku.





  • Multipurpose box
 Kardus-kardus bekas bisa disulap jadi lebih cantik dengan membungkusnya dengan kertas kado. Nantinya kotak ini bisa untuk bungkus kado beneran atau hanya sebagai wadah serbaguna juga.  Kalau ini tidak perlu jahit menjahit sih, hanya lem-mengelem saja. 




Nah, bagaimana teman ... ngirit bener kan? hehe

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Naik Kereta Ekonomi Brantas

Ibu Rumah Tangga Penuh Semangat di Usia Cantik

Ken Belajar Hiking di Air Terjun Srambang