Pertumbuhan Gigi Bayi

         Gigi merupakan bagian tubuh bayi yang cukup lambat terbentuknya. Setelah berbulan-bulan si kecil hadir di dunia ini, gigi baru mulai bermunculan. Itupun tak berbarengan, melainkan satu-satu :). Tapi meski belum punya gigi, si kecil tetep manis kan senyumnya ..... sangat manis dan imut bahkan. Ngomongin tentang gigi, Ken yang paling jago dah di antara temen-temen sebayanya. Di umurnya yang 12 bulan giginya udah 8 aja, yaitu 4 gigi atas dan 4 gigi bawah. Bandingin nih sama temennya. Safana 13m (4 gigi), Sabanta 10m (2 gigi), Nauval 8m (2 gigi), Rafa 10m (0 gigi).
        Jika dilihat dari data gigi Ken dan kawan-kawan (halahhh ...) pertumbuhan gigi anak memang beragam. Ken sendiri mulai tumbuh gigi waktu umur 5m, dimulai dari gigi bawah tengah. Uniknya gigi tumbuh secara berpasangan, yaitu dua dua. Meskipun berpasangan, munculnya tidak bareng langsung. Ada jeda beberapa hari. Dari pasangan dua-dua itu, gigi Ken selalu yang kiri dulu munculnya. Yang tidak kalah unik adalah gigi Nauval, anak temenku yang jauh di Riau sana. Pertama kali muncul adalah 2 gigi taring. Pada bisa bayangin ga sih? Soalnya ketika dikasih tahu aku susah membayangkan. Gigi bagian depan masih ompong, tapi ada dua gigi taringnya....hiiii...#disambit_emaknya. Gambar berikut merupakan urutan munculnya gigi Ken.
Urutan pertumbuhan gigi Ken
       Misteri dibalik pertumbuhan gigi bayi ini belum bisa kuungkap hohoho. Seorang kawan bilang, mungkin penyebabnya karena konsumsi suplemen kalsium saat kehamilan. Tapi ide tersebut sepertinya terbantahkan, mengingat aku dan Bunda Sabanta periksa kehamilannya di dokter yang sama, so suplemennya juga sama.. yaitu zat besi dan kalsium. Apalagi aku dulu sering kelupaan minum suplemen tersebut hehe, jadi tingkat pengkonsumsian kalsiumku tidak terlalu tinggi juga.
    Setiap melihat perkembangan anak, senang sekali hati ini, ... namuuunnn.... ada juga akibat sampingan yang harus diemban.Akibat yang kualami dari pertumbuhan gigi Ken yang cepat ini ada 2. Pertama-tama adalah kesakitan waktu nenenin. Entah karena gusinya gatal atau bagaimana, ada suatu masa dimana Ken seneng banget gigit  waktu nenen. Sakitnya jangan ditanya, karena giginya udah ada yang atas dan bawah....berggghhh #sampai njerit beneran aku. Rasanya begitu galau ketika dia minta nenen. Takut kalau digigit lagi. Semacam ada trauma gitu hahaha. Tapi demi anugrah tercinta, tetep aja dikasih sambil tak lupa berdoa semoga ga digigit hihi.Akibat yang kedua adalah harus telaten merawat giginya sejak umur 5,5m. Agar gigi anak selalu sehat dan kuat, tentu perawatan sejak dini penting banget dilakukan.

Update: karena berbagai kesibukan, aku lupa mendokumentasikan gigi ke- 9 sampai ke-16. Dan ini sekarang sedang numbuh gigi ke 17 dan 18, yaitu gigi geraham bawah. Seperti biasa muncul dua, tapi lebih dulu yang bagian kiri.

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Naik Kereta Ekonomi Brantas

Ken Belajar Hiking di Air Terjun Srambang

Mengunjungi Keraton Solo : Ken Ribet Sendiri