Posts

Showing posts from May, 2014

Cara Berhenti Merokok

Image
Apakah kamu, ayahmu, adikmu, kakakmu atau tetanggamu termasuk ahli hisap alias perokok? Nah kalau iya, seharusnya segera berhenti saja. Karena konon kata orang, merokok itu tidak maedahi alias tak berguna dan justru mendatangkan banyak efek buruk. Lihat saja peringatan yang tercantum di bungkus rokok atau di iklan-iklan rokok yang sekarang "merokok membunuhmu", hayooo ngeri ga sih?       Meski peringatannya sudah sengeri itu, namun masih banyak orang yang tidak peduli. Dimanapun kita berada, ahli hisap ini selalu menghantui hihihi.. :D. Di rumah, di jalan, di bus, di kantor-kantor, di sawah, di ruang kelas, di WC, bahkan di tempat-tempat yang dilarang pun tak sedikit yang nekat klepas-klepus, contoh, di rumah sakit. Seringkali aku menemui orang merokok di lingkungan rumah sakit, meski peringatan "Dilarang Merokok" terpampang dimana-mana. 
     Ketidakpedulian para perokok terhadap kesehatan diri mereka sendiri dan lingkungan mungkin disebabkan karena bahaya …

Le, Bapak Sayang Kowe

Image
Ken, itulah nama buah hati kami. Dia hadir ketika usia pernikahan kami menginjak 1,5 tahun. Tak terkira kebahagiaan yang kami rasakan, karena memiliki anak merupakan satu kado yang istimewa. Aku sampai tak percaya rasanya ketika akhirnya dapat menimang tubuh mungilnya, "oh, kado ulang tahunku yang paling super" (kebetulan Ken lahir dekat dengan hari lahirku). Begitu juga dengan Peip -suamiku- ia gembira bukan kepalang menyambut kehadiran Ken. Hal ini bisa dimaklumi karena kakak pertamanya belum dikaruniai anak meski pernikahannya kini sudah berumur 6 tahun dan kakak keduanya dikaruniai anak dengan retardasi mental. Sehingga Peip sering memanggil Ken dengan sebutan Anugerah.

“Foto ini diikutsertakan dalam Lomba Blog CIMONERS”








Pertumbuhan Gigi Bayi

Image
Gigi merupakan bagian tubuh bayi yang cukup lambat terbentuknya. Setelah berbulan-bulan si kecil hadir di dunia ini, gigi baru mulai bermunculan. Itupun tak berbarengan, melainkan satu-satu :). Tapi meski belum punya gigi, si kecil tetep manis kan senyumnya ..... sangat manis dan imut bahkan. Ngomongin tentang gigi, Ken yang paling jago dah di antara temen-temen sebayanya. Di umurnya yang 12 bulan giginya udah 8 aja, yaitu 4 gigi atas dan 4 gigi bawah. Bandingin nih sama temennya. Safana 13m (4 gigi), Sabanta 10m (2 gigi), Nauval 8m (2 gigi), Rafa 10m (0 gigi).
        Jika dilihat dari data gigi Ken dan kawan-kawan (halahhh ...) pertumbuhan gigi anak memang beragam. Ken sendiri mulai tumbuh gigi waktu umur 5m, dimulai dari gigi bawah tengah. Uniknya gigi tumbuh secara berpasangan, yaitu dua dua. Meskipun berpasangan, munculnya tidak bareng langsung. Ada jeda beberapa hari. Dari pasangan dua-dua itu, gigi Ken selalu yang kiri dulu munculnya. Yang tidak kalah unik adalah gigi…

Lontong

Semua sudah pada tahu kan ya makanan bernama lontong ini? Lontong terbuat dari beras yang dibungkus daun pisang kemudian direbus hingga lunak. Mungkin di beberapa daerah penyebutannya berbeda, seperti di Ngawi makanan ini disebut t├Ępo. Bahan dan cara masaknya sama, yang membedakan adalah bentuk bungkusannya.Kalau lontong bentuknya bulat panjang, sementara tepo berbentuk pendek dan seperti limas.       Dengan berbahan beras dan bertekstur lembut, lontong menjadi sangat flexibel, bisa dimakan dengan berbagai pelengkap menjadi beragam kuliner yang berbeda. Bisa jadi lontong pecel, lontong tahu kecap, lontong sayur, lontong sate, lontong opor, lontong bakso dll. Pokoke lontong serba bisa deh! Sampai-sampai ada lontong yang jago banget berargumen, yaitu Cak Lontong hehehehe.      Pagi ini seperti minggu kemaren aku membekali Peip yang hendak balik ke Solo lontong dan sambal sate kacang. Dia udah ketularan aku aja, lontong maniak. Proses memasaknya lumayan lama. Dimulai dari kemarin…