Posts

Showing posts from January, 2014

Pantai Nampu

Image
Pantai Nampu terletak di kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Berada di ujung selatan dan berbatasan dengan wilayah Pacitan, pantai ini jauh dari Kota Wonogiri. Pantai Nampu berpasir putih dengan tekstur yang kasar, karena pasirnya bulat-bulat gede dan banyak karang-karang, so hati-hati kalau mau berenang jangan sampai terantuk karang.


Pantai Karanggongso

Image
Pantai Karanggongso terletak di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Dulu itu sebenernya kami mau mengunjungi Pantai Prigi. Akan tetapi karena salah jalan, nyampenya malah ke Pantai Karanggongso... hahaha. Namun kami tak menyesal sama sekali, karena ternyata pantainya indah dan kebetulan waktu itu ada kapal besar yang berlabuh di sana, terlihat sangat ciamik deh ...Butuh waktu sekitar 3 jam perjalanan dari Ngawi.


Catatan Tumbuh Kembang Balita

Sebenarnya sejak Ken lahir dulu, pengin nulis perkembangan tiap bulannya. Akan tetapi ternyata itu semua cuma keinginan. Hingga kini umurnya 9 bulan, belum ada sama sekali catatannya hahaha. Sekarang ini mau nulis momen-momen ketika dia mencapai kemajuan tumbuh kembang. Buat pengingat, karena aku suka senyum-senyum kalau inget dia waktu baru bisa gini gitu. Inilah urutannya: 30 April 2013, 03.50 a.m - Tangisannya menggema di ruang persalinan6 Mei 2013 - puput puser20 Mei 2013 - tidurnya miring2 bulan - bisa tertawa ketika dibecandain4 bulan- bisa memegang benda-benda, masukin mulut22 Agustus 2013 - bisa tengkurap sendiri6 Oktober 2013 - muncul gigi tahap pertama (2 gigi bawah)November 2013 - muncul gigi tahap kedua (2 gigi atas)27 Desember 2013- bisa ngangkat tubuh posisi merangkak28 Januari 2013 - muncul gigi tahap ketiga (2 gigi atas) 29 Januari 2014 - bisa duduk sendiri dari posisi tengkurap3 Februari 2014- bisa menggeser badan ke depan dengan posisi tengkurap 26 Februari 2014 - bi…

Mendaki Gunung Lawu

Image
Ternyata draft tulisan ini dah bersarang hampir 4 tahun, ckckck ...Ini ceritaku ketika mendaki Gunung Lawu, tahun 2010.
        Pada tanggal 31 maret 2010, aku berkesempatan mengunjungi puncak Gunung Lawu untuk kedua kalinya. Kunjungan pertama pada tahun 2007 lalu bersama teman-teman kampus, sementara kali ini aku bersama saudara-saudara...ceritanya ini pendakian family edition gitu hehehe...Bermula ketika lebaran tahun 2009, kakak perempuanku yang tinggal di Tangerang (36 tahun) mengutarakan keinginannya untuk mendaki Lawu ( sepertinya terinspirasi dari cerita-cerita adikku yang emang hobi naik gunung, tapi mungkin juga itu adalah cita-cita terpendamnya hehe). Jadinya rencana mendaki Lawu ini digagas sejak awal tahun, dan karena kebetulan bulan Maret kakak berkesempatan pulang kampung karena ada saudara yang menikah, sehingga sekalianlah rencana di gol kan.        Rabu sore tanggal 31 Maret sehabis magrib kami berenam, 4 cewek, 2 cowok berangkat dari rumah menuju Cemoro Sewu via Ken…

ODOJ dan ODOP

Image
Hari-hari ini banyak orang yang membicarakan tentang ODOJ, bahkan ada juga yang membentuk komunitas-komunitas. Terinspirasi, akupun tergerak untuk ngikutin program ini secara mandiri. ODOJ merupakan kependekan dari One Day One Juz, yaitu program membaca Al-Quran dengan target satu hari satu juz. Sebenarnya program ini bukan hal asing bagiku. Dulu waktu kuliah aku pernah ngejalani ini. Waktu itu mudah saja, karena banyak waktu luang. Biasanya aku bacanya nyicil tiap habis sholat sekitar 2 lembar, sehingga satu hari bisa satu juz. Sangat ringan dan mudah.
        Namun kali ini, membaca Al-quran tiap habis sholat terasa suliiiiittttttt. Boro-boro baca Al-quran, sholat dengan tenang dan lengkap dengan dzikirnya aja agak susah. Kenapa bisa begitu? Ya karena buntutku Ken ini ga bisa ditinggal dalam jangka agak lama. Kadang baru sholat dapat dua atau tiga rakaat gitu udah merengek-rengek, ya apa daya .. sholatnya dicepetin deh.(Kebanyakan alasan ya, Ken jadi kambing hitam pula wkwk…

Resep Jamur Goreng Renyah

Image
Jamur merupakan salah satu bahan makanan favoritku. Saat musim hujan begini biasanya berbagai jenis jamur akan bermunculan. Tentu munculnya di tempat yang memungkinkan, bukan di sini yang hampir seluruh wilayahnya tertutup plesteran dan aspal. Di rumah Ngawi masih banyak ditemui berbagai jenis jamur sebagaimana jaman kecilku dulu, secara emang kondisi lingkungan belum banyak berubah, masih banyak kebon dan pokok-pokok pohon mati.Di situlah muncul berbagai jenis jamur, seperti jamur barat, jamur olan, jamur gigit, jamur cikrak, jamur spaki, jamur kidang, jamur lot, jamur merang, jamur so, jamur trucuk, jamur kuping.  Mungkin nanti aku harus membuat postingan tersendiri tentang jamur-jamur tersebut. Selain untuk mengenang masa kecil juga untuk mendokumentasikan berbagai jamur yang edible yang ada di sekitar kita.        Beberapa hari lalu saat aku di Ngawi, pagi-pagi aku buka jendela dapur, dan whuuaaa..... di sebrang jendela, aku melihat pokok pohon mangga yang sudah mati pen…