Resep Madumangsa

Madumangsa
         Kalau tahu madumangsa, maka ingatanku pun melayang ke masa kecil. Pada sekitar tahun 1990an madumangsa masih banyak ditemukan ketika lebaran tiba. Ya, madumangsa adalah salah satu makanan khas lebaran di tempatku. Penganan ini merupakan sejenis jenang dengan rasa manis dengan sedikit asam karena terbuat dari tape ketan hitam. Dulu hampir setiap rumah menyajikannya ketika lebaran. Aku dulu seringnya kebagian mbantuin kakak mbungkusin madumangsa dengan kertas minyak yang ujung-ujungnya udah dibuat sliwir-sliwir.  
         Namun makin ke sini semakin jarang ditemui keberadaan madumangsa di piring-piring saji lebaran. Mungkin orang-orang sekarang sudah ga sabar untuk membuatnya. Sebenarnya bahannya sederhana saja, namun memang prosesnya cukup panjang. Nah bagi temen temen yang ingin membuat madumangsa, berikut ini resep yang saya dapat dari kakak saya, hitung-hitung sambil melestarikan makanan tradisional. 
Bahan:
- tape ketan hitam
- gula merah
- gula putih
- santan
- vanili
- garam

Cara membuat:
Rebus gula merah dan gula putih, kemudian tambahkan santan, vanili dan sedikit garam.Setelah itu masukkan tape ketan yang sudah diperas airnya. Aduk terus hingga adonan mengental seperti jenang. Angkat dan biarkan sampai dingin. Bungkus dengan plastik lalu lapisi dengan kertas minyak. Madumangsa siap untuk disajikan.

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Naik Kereta Ekonomi Brantas

Ken Belajar Hiking di Air Terjun Srambang

Mengunjungi Keraton Solo : Ken Ribet Sendiri