Resep Kurma Coklat

Lebaran identik dengan silaturahim antar kerabat dan tetangga. Tak lengkap kan rasanya kalau kita ga nyiapin hidangan-hidangan khas lebaran? Kali ini aku bagi resep membuat kurma coklat. Kudapan ini  pas banget untuk suasana lebaran, tapi tentu aja ga lebaran juga boleh buat :D. Tiap lebaran aku seneng banget buat ni panganan, selain cara buatnya sangat simpel, hasilnya pun selalu memuaskan. Nih, simak dan praktikkan ya!
Kurma Coklat Nana


Bahan :
- 1 kg kurma
- 250 gr coklat batangan
-  50 gr coklat pink
- biskuit

Alat:
- Pisau
- kertas roti kecil
- spuit (plastik biasa)
- Mangkuk tahan panas
- Loyang

Cara:
1. Pertama-tama buang biji kurma. Caranya dengan membelah kurma hingga cukup buat ngambil biji. Jangan terlalu lebar agar kurma tidak rusak.
2. Setelah biji kurma terbuang,  isi kurma tersebut dengan biskuit. Jadi biji kurma tadi diganti dengan biskuit. Maka pakainya biskuit yang bentuknya kecil. Saya pake biskuit Nissin crackers yang panjang-panjang itu.
3. Lakukan proses di atas hingga semua kurma tertangani.
4. Setelah semua kurma siap, Lelehkan coklat pada sebuah mangkuk. Melelehkannya dengan cara di tim (kukus). Mangkuk berisi potongan-potongan coklat ditaruh di panci yang ada sarangan nya . Yang perlu diingat yaitu jangan mencampur coklat dengan air dan jangan sampai terkena tetesan uap, karena nanti coklat malah menggumpal. Selain itu, coklat jangan sampai kepanasan, cukup ketika mulai leleh, matikan api.
5. Setelah coklat leleh sempurna segera masukkan kurma ke dalam coklat leleh ini. Guling-gulingkan agar tertutup dengan sempurna. Kemudian angkat dan taruh di atas loyang dan biarkan dingin hingga coklat membeku.
6. Setelah coklatnya membeku, lelehkan coklat pink. Kemudian masukkan ke spuit, lalu buat hiasan di atas kurma.
7. Ketika semua coklat sudah mengeras, letakkan pada kertas roti kecil-kecil.

Gampaang kaann??

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Naik Kereta Ekonomi Brantas

Ibu Rumah Tangga Penuh Semangat di Usia Cantik

Ken Belajar Hiking di Air Terjun Srambang