Posts

Jalan-jalan dengan Anak Patah Tulang (1)

Image
Menginap di Hotel Bifa Yogyakarta

"Eh bagaimana rencana kita ke Bromo?" Tulis Mbak T di Grup WA keluarga akhir tahun lalu. Lain-lainnya langsung ramai menimpali dengan semangat. Aku hanya menarik nafas panjang bacanya. Dengan berat hati kuketik juga kalimat "Aku nggak bisa ikut, Ken sedang sakit kakinya, nggak bisa jalan. Nanti aku bakal stand by di rumah nemenin mbah saja, sementara kalian ke Bromo". Begitulah kukatakan. Mereka ramai kembali memberi usul, "Tenang saja nanti Ken bakalan digendong, gantian, ramai-ramai". Aku hanya tersenyum kecut. Menyangsikan semua itu. Mana enak piknik sambil gendong-gendong  jauh, Ken itu sudah berat lho.
Kebetulan saat perbincangan itu terjadi, Mbak T lagi perjalanan ke Yogya untuk menjemput anaknya yang sekolah asrama. Sementara Mas A sekeluarga lagi mengunjungi saudara di Klaten. Sementara adikku S dan istrinya ternyata juga lagi perjalanan dari Bogor ke Ngawi. Aku usulin kita nginep di pinggir pantai di Yogya aja, …

Prosedur Penebangan Pohon Jati

Image
Alhamdulillah, bulan Juli kemarin proses pembangunan rumah kami dimulai. Ucapan beribu-ribu terima kasih kuhaturkan untuk semua pihak yang telah banyak membantu, sehingga semua proses ini bisa berjalan. Meskipun belum jadi rumah yang bagus, tapi cukup untuk berlindung dari panas dan hujan. Semoga nanti kami dapat rezeki untuk menjadikannya rumah yang nyaman.
Ngomongin tentang membangun rumah sekarang ini, kalau uangnya cekak seperti yang kami alami, lumayan bikin galau. Apa-apa mahal brooo. Seperti halnya kayu yang hendak dipakai. Sempat ada kegalauan ketika hendak memutuskan beli kayu jadi atau minta bapakku untuk urusan kusen, reng, usuk, dan entah apalagi, aku kurang paham. Wkwkwkwk, sepertinya  enak ya, minta. Tapi percayalah, meski kayunya gratis, tapi biaya yang berkaitan dengan itu lumayan juga. 
Ya memang sebelumnya, Bapak sudah menawarkan kayu jati di kebunnya untuk dipakai. Akan tetapi proses tebang sama pengangkutannya, beliau memasrahkan pada kami. Karena beliau cukup tra…

Kekonyolan Naik KRL

Image
Bagi kami, tiap kali mengunjungi kota Jakarta, rasanya tak lengkap kalau nggak naik KRL... karena aku sama Ken senang dengan kereta. Lagian, di daerah kami nggak ada KRL. Entah kalau Apak, senang atau biasa saja layaknya moda transportasi umum lainnya. Gelagatnya sih biasa saja sepertinya wkwkwk. Yo wis lah...Lupakan perkara Apak yang kayaknya biasa saja sama kereta, sekarang kita ingat-ingat kembali, ada kejadian apa saja yang berkaitan dengan KRL. Oh ya, kasus-kasus ini terjadi pada tahun 2016 dan 2018 Check these out!
1. Salah Jurusan
A. Karena jarang-jarang naik KRL, kami suka lupa kalau ada beberapa jurusan. Seringnya karena terlalu histeria KRL ada yang datang, kami abai dengan tujuan kereta tersebut. Sehingga terjadilah adegan salah kereta. Waktu itu kami dari Depok hendak ke BSD. Harusnya kami naik kereta jurusan Tanah Abang/Jatinegara. Ternyata kereta yang kami naiki jurusan Jakarta Kota. Akhirnya turunlah di Stasiun Tanjung Barat, lalu ganti KRL jurusan yang kami maksud. 
B…

Dokter Anak Subspesialis Syaraf di Solo

Image
"Bu, ini nanti njenengan ketemu sama dr Fadhilah, bisa di RS Muwardi atau di RS Kasih Ibu" kata dr Melita pagi di RS At Tin Husada, Ngawi seusai menelpon seseorang. Beliau menyodorkan kertas berisi jadwal praktik dr Fadhilah di kedua RS tersebut.
Itulah awal saya mengenal nama dokter spesialis syaraf anak di Solo. Cerita awal mengenai kenapa anakku sampai harus ke dokter spesialis syaraf anak, bisa dibaca di link berikut
dr Melita, Dokter Anak di Ngawi

RS Muwardi

Singkat cerita, aku pergi menemui dokter spesialis syaraf anak di Solo yang dimaksud di atas  yaitu dr Fadhilah Tia Nurs SpA (K). Pertama kali kami melakukan konsultasi di RS Muwardi, karena lebih dekat dari tempat tinggal kami. Beliau praktik di Paviliun Cendana. FYI, di sini antrian registrasi awal panjang banget, karena dari semua poliklinik dijadikan satu, daftar dulu, bayar dulu, baru ketemu dokternya. Padahal antrian dokter yang dituju sebenarnya cuma sedikit. Di kemudian hari tak jarang anakku adalah satu-satu…

Dokter Anak di Ngawi

Image
Bu, bisa nggak Tes EEG-nya di Solo saja. Soalnya suami saya di sana" kataku ketika dokter perempuan itu hendak membuat surat rujukan Tes EEG ke Madiun.
"Oh, ya bisa bisa. Nanti saya hubungkan dengan teman saya yang di Solo". Jawab beliau dengan ramah. Tak lama kemudian, beliau meraih HP-nya dan mulai berbicara dengan seseorang di seberang sana. 
Kejadian 3 tahun lalu itu  masih sangat membekas di ingatanku. Bagaimana paniknya ketika mendapati anakku tiba-tiba kejang. Hingga akhirnya berakhir opname di RS At Tin Husada Ngawi. Sebenarnya, beberapa hari sebelumnya anakku sudah mengalami beberapa kejanggalan, seperti selalu muntah ketika makan dan minum, badannya lemah dsb. Sudah diperiksakan juga ke dokter anak di rumah sakit lainnya. Tetapi, karena obatnya nggak masuk sama sekali jadi ya nggak ada pengaruh blas. Ini jadi pelajaran banget bagiku, mungkin juga bagi teman-teman yang lain. Jikalau anak nggak kemasukan apapun lebih dari sehari, apalagi ditambah muntah, langsung…

KEB Intimate: Berkumpulnya Komunitas Perempuan di Solo

Image
Ruangan Skyline lantai 21 Best Western Premier Hotel, Solo Baru pagi itu riuh rendah penuh keriangan meski di luar mendung bergelayut gelap. Tiba-tiba saja wanita berbaju hijau itu mencolek tanganku dan bertanya "Mbak dulu apa anak UNS?" Satu dua detik aku masih bengong. Bener-bener bengong hehe. Saat itu ruangan cukup ramai jadi aku butuh waktu mencerna kata-katanya karena kupingku kurang sensitif. Keduanya karena aku mengira mbaknya itu mau pinjam mikrofon, karena kebetulan pagi itu aku kebagian tugas ngopar-ngoper mikrofon. Jadi nggak nyangka bakal dapat pertanyaan seperti itu. Ketiganya, aku merasa asing dengan wajahnya. Akhirnya kami ngobrol singkat, dan dia memperkenalkan diri sebagai adik kos temenku. Rupanya dia masih familiar dengan wajahku, sementara aku blas nggak ingat hahaha. Maaf ya mbak Dian. Meski tidak ingat walaupun sudah kuingat-ingat, aku seneng banget dalam event ini bisa ketemu mbak Dian yang ternyata punya hubungan sama aku. Hubungannya apa? Yaitu sam…

Guest House di Bogor | D'Palma Guest House

Image
Dua kali aku menginjakkan kaki di Kota Hujan, dengan alasan yang sama, yaitu kondangan...wkwkwk.. Bedanya kalau yang pertama bareng keluarga Ngawi, kalau ini barengan dengan mertua, karena yang punya hajat adalah kakaknya ibu mertua. Konon katanya sudah disiapkan penginapan di Bogor, jadi kami tinggal lenggang kangkung sajalah. Acara pengantin dilangsungkan pada hari minggu, so sabtu sore kami sudah sampai di Bogor.

Langsung kami menuju penginapan yang sudah dipesankan sebelumnya yaitu di D'Palma Guest House. Begitu keluar pintu tol dari arah Jakarta, jalanan cukup padat. Katanya Bogor itu Kota Angkot, nah kayaknya bener juga, angkot banyak banget, jarak antar angkot deket-deket. Belum pernah kulihat di kota lain yang pernah kusinggahi. Dalam perjalanan ke penginapan, kami menyusuri Kebun Raya Bogor yang mana bikin aku bingung, apakah Bogor itu kotanya isinya Kebun wkwkwk...karena jalan cukup jauh tapi tetep itu sebelah kanannya Kebun Raya Bogor.

Begitupun ketika ahirnya tiba di …